Edukasi Bicara Baik Dan Bijak Bersosial Media Bersama Divisi Humas Polri

KNGInfo.com – Pada Hari Kamis, 18 Oktober 2018 kemarin admin diundang dalam literasi media dengan tema “Edukasi Bicara Baik Dan Bijak Bersosial Media” bersama Divisi Humas Polri. Dimana dalam acara tersebut turut dihadiri oleh Kabidhumas Polda Jabar AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko, Perwakilan dari Divisi Humas Mabes Polri serta Perwakilan dari Diskominfo Provinsi Jawa Barat.

Dalam acara yang digelar di grand pasundan convention hall bandung tersebut, dihadiri oleh lebih dari 80 peserta. Yang kesemuanya merupakan pegiat media sosial ataupun media online lainnya. Dimana dalam acara tersebut sangat ditekankan menganai edukasi bicara baik serta bijak dalam hal menggunakan media sosial. Terlebih lagi pada saat ini banyak sekali hal negatif yang bertebaran disosial media ataupun di media online.

Oleh karena itu, Polri dalam hal ini Divisi Humas Mabes Polri menggandeng para pegiat media online dan media sosial untuk ikut berperan aktif dalam melawan berita-berita hoax. Dimana berita hoax (berita bohong) tersebut tentu sangat meresahkan keamanan dan ketertiban masyarakat. Khususnya dalam hal ini diwilayah siber Polda Jawa Barat. Karena memang acara ini juga berlangsung diwilayah hukum Polda Jawa Barat.

Divisi Humas Mabes Polri juga mengajak kepada para pegiat media online dan sosial media untuk melawan Hoax. Dengan tagar #JabarAntiHoax dan #JabarBijakBermedsos Polri menginginkan masyarakat untuk lebih peka terhadap beberapa berita ataupun permasalahan yang kebenarannya belum pasti. Mengenai berita hoax tersebut, polri menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dan tidak mudah menyebarluaskannya.

Akan lebih baik lagi jika masyarakat yang mendapatkan berita yang memang belum tentu kebenarannya tersebut. Untuk mengecek terlebih dahulu kepada orang yang memang bisa dipercaya. Karena dengan menyebarkan berita hoax saja kita sudah bisa dijerat hukum dengan UU ITE yang berlaku.

Untuk anda yang memang sering mendapatkan berita-berita hoax (berita bohong) dimedia sosial whatsapp ataupun facebook. Segeralah cek kebenaran berita tersebut atau bisa juga melaporkan langsung kecurigaan anda kepada kominfo. Mari sama-sama lebih bijak lagi dalam menggunakan sosial media agar tidak terjerumus dengan berita-berita hoax.

Terlebih lagi akhir-akhir ini berita hoax semakin mudah menyebar karena memang kurang telitinya pengguna media sosial akan hal tersebut. Dan juga terlalu mudahnya mengshare berita yang belum tentu kebenarannya. #JabarBijakBermedsos