Festival Linggarjati Resmi Dibuka Oleh Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada

KNGInfo.com – Festival linggarjati yang mengusung tema ” Handaru Juang, Naratas Lambaran Sajarah ” resmi dibuka tadi pagi. Acara yang dimaksudkan untuk memperingati 71 tahun perundingan linggarjati. Dan perayaan hari angklung dunia yang ke-7 dibuka oleh wakil bupati kuningan, Dede Sembada, Selasa pagi (14 November 2017 ).

Dalam sambutannya, menurut Dede keberadaan angklung dengan gedung perundingan linggarjati adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Mengingat kala itu permainan angklung turut berperan menghibur para delegasi perundingan. ” perlu diketahui, untuk pertama kalinya ya musik angklung ditampilkan oleh seorang tokoh kuningan bernama Daeng Sutigna. Yang dimaksudkan untuk menyambut para delegasi perundingan linggarjati kala itu. Tidak dipungkiri, angklung menjadi salah satu alat delegasi yang turut berperan penting dalam terlaksananya perundingan Indonesia-Belanda. Yang menghasilkan pengakuan dan eksistensi pemerintah indonesia dimata dunia pada waktu itu, baik secara de facto maupun de jure,” kata Dede.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kuningan Jaka Chaerul. Melalui Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kuningan Nani Rusnani mengatakan ” kegiatan festival linggarjati ini digelar selama kurang lebih dua hari. Berbagai kemeriahan hiburan digelar dalam acara tersebut diantaranya adalah gelar seni budaya, apresiasi teatrikal dan seman zumba serta linggarjati Run 10K.

Stand diarea lokasi festival linggarjati via instagram.com/genpikuningan

Selain itu, dilokasi berlangsungnya festival linggarjati disediakan sejumlah stand pameran. Yang diisi oleh sejumlah komunitas dan sanggar kesenian yang cukup menarik dan ramai pengunjung.