Fungsi Dari Asam Folat Dan Makanan Apa Saja Yang Banyak Mengandung Zat Aktif Ini | Pinjaman online kuningan info

Fungsi Dari Asam Folat Dan Makanan Apa Saja Yang Banyak Mengandung Zat Aktif Ini

KNGInfo.com – Asam folat merupakan nama dari senyawa atau zat aktif yang termasuk dalam Vitamin B kompleks yang larut dalam air. Asam folat dikenal dengan nama lain vitamin B9. Zat ini memiliki peran penting dalam mendukung berbagai fungsi tubuh atau multifungsi dalam pembangunan tubuh, mulai dari membantu proses produksi DNA dalam jaringan tubuh hingga pembentukan sel darah merah. Nutrisi ini sangat penting sebagai pemelihara kesehatan bagi semua usia, terutama untuk ibu hamil sebab banyak manfaatnya untuk perkembangan janin dalam kandungan. Bahkan, para peneliti menyatakan bahwa asupan asam folat untuk ibu hamil dengan dosis yang tepat dapat hingga 72 % mengurangi gangguan kehamilan.

Fungsi Asam Folat Untuk Kesehatan Tubuh

Adapun fungsi dari zat aktif ini yang cukup untuk kesehatan tubuh kita, yaitu diantaranya untuk;

  • membantu berjalannya proses pembentukan sel-sel tubuh, seperti sel darah merah dan juga memproduksi DNA yang mana membangun fondasi dasar tubuh yang membawa informasi genetik seseorang,
  • menghindarkan terkena penyakit anemia, sebab dapat menjaga kestabilan sel darah merah,
  • membantu perkembangan janin dalam kandungan dan mencegah bayi lahir cacat, sebab asam folat dapat membantu pembentukan saraf pusat yang terjadi sejak awal janin tumbuh dalam kandungan. Sehingga, akan sangat tepat rasanya bila ibu hamil banyak mengkonsumsi asupan zat aktif ini,
  • sebagai suplemen wanita yang sedang merencanakan kehamilan,
  • mengobati defisiensi asam folat
  • membantu mengatasi infeksi dan diare lama.

Makanan Apa Saja Yang Banyak Mengandung Asam Folat

Ada banyak makanan yang mengandung asam folat yang dapat kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan ini dalam tubuh kita. Diantaranya, yaitu:

  • Sayur-sayuran hijau, misalnya bayam, brokoli, selada.
  • Berbagai jenis kacang-kacangan, misalnya kacang polong, kacang hijau, kedelai.
  • Buah-buahan, seperti lemon, pisang, alpukat, melon.
  • Makanan yang bersumber dari hewan, misalnya hati ayam, daging unggas, kuning telur, dan hati sapi.
  • Biji-bijian, misalnya kuaci (biji bunga matahari), gandum dan berbagai produk olahan dari gandum, dan jagung.
  • Sereal.

Sumber : Akun Youtube Ragam Manfaat

Caranya Mencukupi Kebutuhan Asam Folat Bagi Tubuh

Setiap individu memiliki kebutuhan zat aktif ini yang bervariasi. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor usia, jenis kelamin, dan kondisi-kondisi tertentu, seperti kehamilan. Pada umumnya, konsumsi zat aktif ini untuk pria dan wanita dewasa disarankan sekitar 400 mcg per hari. Sedangkan, untuk ibu hamil sekitar 500 – 800 mcg perhari. Apabila kebutuhan akan zat aktif ini tidak dapat terpenuhi dari asupan makanan yang dikonsumsi, kita bisa mengkonsumsi suplemen tambahan yang kaya kandungan asam folatnya. Namun, sebaiknya mengkonsumsi suplemennya berdasarkan rekomendasi dokter. Hal ini untuk memastikan dosis yang tepat yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh masing-masing individu.

Akibat Kekurangan Zat Asam Folat

Bila tubuh kita kekurangan zat aktif ini, maka ini dapat menyebabkan kita mengalami penyakit anemia megaloblastik yang mana merupakan suatu kelainan bentuk sel darah merah yang bentuknya lebih besar daripada seharusnya. Kelainan sel darah merah ini menyebabkan selnya tidak mengalami pembelahan dan tidak berkembang secara sempurna. Inilah yang mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah. Apabila jumlah sel darah merah tidak mencukupi dalam tubuh, tubuh akan mudah lemah dan terserang berbagai penyakit. Untuk kondisi ibu hamil yang kekurangan zat aktif ini dalam tubuhnya, ini bisa menyebabkan gangguan masa kehamilan yang bisa dialaminya. Maka dari itu, kita perlu mencukupi kebutuhan asam folat sehari-hari tubuh kita.

Itulah sekiranya mengenai apa saja fungsi dari asam folat dan makanan apa saja yang banyak mengandung zat aktif tersebut. Serta, bagaimana caranya mencukupi kebutuhan zat aktif ini bagi tubuh dan efek samping apa saja yang bisa terjadi bila tubuh kekurangan zat aktif ini. Demikian sekiranya informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.