Gejala Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Anda Tahu | Pinjaman online kuningan info

Gejala Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Anda Tahu

KNGInfo.com –¬†Sekilas gejala tekanan darah tinggi tidak menunjukkan sesuatu yang parah. Bahkan beberapa penderita hipertensi tidak menyadari bahwa penyakit tersebut bersarang di tubuhnya. Hal demikian tentu berbahaya mengingat bila telat dalam penanganan. Tekanan darah tinggi bisa memicu penyakit berbahaya lain seperti serangan jantung hingga berujung kematian. Maka dari itu, Anda harus benar-benar paham dan kenali betul ciri-ciri dari gejala penyakit ini.

Inilah 6 Gejala Tekanan Darah Tinggi yang Patut Anda Ketahui

1. Pusing

Seseorang dikatakan mengalami hipertensi bila tekanan darah mencapai 140/90 mmHg. Peredaran darah yang begitu cepat dengan tekanan demikian menyebabkan Anda sewaktu-waktu bisa mengalami pusing berat. Biasanya penderita akan mengalami pusing seperti kepala sedang diputar-putar saat sedang duduk maupun berdiri. Rasa pusing tersebut akan terus terjadi hingga tekanan darah bisa kembali di stabilkan.

2. Sakit Kepala

Gejala tekanan darah tinggi yang paling umum ialah penderita mengalami sakit kepala. Bukan sakit kepala biasa melainkan reaksinya lebih parah. Apabila pasien mengalami hal demikian maka lebih baik menghentikan segala aktivitas yang sedang dijalani. Penderita sebaiknya langsung dibawa ke dokter untuk ditangani. Apabila terlalu lama bahkan sampai jatuh khawatirnya bisa merambat ke stroke maupun pembuluh darah pecah.

3. Detak Jantung Tidak Teratur

Detak jantung tidak teratur bisa terjadi saat Anda mengalami kelelahan berlebih. Lebih dari itu ternyata ini juga bisa menjadi tanda atau gejala tekanan darah tinggi. Denyut jantung berdetak kencang pertanda peredaran darah bekerja ekstra dari biasanya. Anda bisa mendeteksi gejala ini dengan cara memegang urat nadi selama beberapa detik. Apabila Anda mengalami hal demikian usahakan langsung istirahat. Tapi jika tak kunjung membaik sebaiknya periksa ke dokter.

4. Penglihatan Kabur

Naiknya peredaran darah pada pembuluh arteri sering kali mengganggu fungsi organ tubuh lain. Salah satunya ialah penglihatan yang menjadi kabur dan tidak fokus. Apabila Anda mengalaminya, segera datang ke dokter maupun konsumsi obat anjuran dokter. Jangan sembarangan dalam penanganan gejala darah tinggi yang dialami ini sebab bisa salah-salah akan menimbulkan efek yang lebih parah seperti halnya kebutaan.

5. Telinga Berdenging

Telinga tiba-tiba berdenging tentu setiap orang bisa merasakannya. Tapi kebanyakan dari Anda tidak sadar dengan gejala tekanan darah tinggi yang satu ini. Ketika telingan berdenging, tubuh seolah memberi isyarat kalau peredaran darah berjalan tidak normal. Untuk itu ada baiknya Anda hentikan aktivitas sejenak untuk istirahat. Lepaskan sejenak kelelahan dengan tidur tapi jika keadaan tak kunjung membaik maka periksalah ke dokter.

6. Mual

Ketika Anda mengalami gejala-gejala seperti pusing serasa kepala berputar tentu menyebabkan efek lain. Salah satunya ialah mual yang kemudian menjadi muntah. Biasanya hal demikian juga disertai dengan keringat dingin di sekujur tubuh. Bila dibiarkan tentunya akan sangat berbahaya, lebih baik segera lakukan pertolongan pertama dengan meminum air hangat terlebih dahulu agar tidak dehidrasi. Kemudian istirahatlah dengan nyaman agar tekanan darah membaik. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa ditangani dengan baik.

Itu dia beberapa gejala tekanan darah tinggi yang harus Anda tahu. Mengingat penyakit ini yang begitu banyak beredar di masyarakat. Alangkah baiknya Anda selalu waspada dengan setiap gejala yang di alami. Apalagi penderita terkadang tidak merasa sedang sakit atau tanpa gejala meskipun kenyataannya terkena hipertensi. Jangan lupa pula untuk selalu menerapkan pola hidup sehat agar tubuh tetap prima.

Gambar : Liputan 6