Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Kendaraan Terendam Banjir

KNGInfo.com – Banjir merupakan salah satu bencana yang tentu tidak kita inginkan terjadi. Banjir sendiri bisa saja terjadi lantaran masih banyaknya yang membuang sampah sembarangan. Sehingga menyebabkan aliran air tersumbat atau mungkin karena sudah semakin kecilnya daerah resapan air hujan yang mengakibatkan terjadinya banjir.

Namun kali ini, admin tidak akan membahas lebih dalam lagi perihal kenapa dan mengapa banjir bisa terjadi. Admin akan lebih membahas kepada dampak yang terjadi akibat banjir tersebut. Terutama kepada para pemilik kendaraan bermotor yang kendaraannya terendam air banjir.

Lantas, apa hal yang harus kita lakukan pertama kali ketika kendaraan yang kita miliki terendam air banjir ? Berikut beberapa tips untuk mengatasinya yang dirangkum dari berbagai sumber. Dintaranya adalah :

1. Jangan Hidupkan Mesin Kendaraan Tersebut

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika kendaraan yang anda miliki terendam banjir ialah dengan tidak menghidupkan mesin kendaraan tersebut. Pastikan terlebih dahulu jika mesin kendaraan tersebut benar-benar dalam kondisi kering. Karena jika belum mengering dan dipaksa dihidupkan, jelas hal tersebut justru akan membuat jeroan mesin tersebut menjadi rusak.

2. Cek Pelumas Mesin

Cek terlebih dahulu keadaan pelumas mesin apakah terendam dan dimasuki air banjir atau tidak. Jika warna oli berubah menjadi warna putih, maka segerlah ganti pelumas kendaraan anda dengan yang baru.

3. Ambil Gambar Kendaraan Bermotor

Jangan lupa untuk sesegera mungkin memfoto kendaraan anda yang terendam oleh air banjir. Sebagai upaya klaim kepada pihak asuransi, jika benar kendaraan yang anda miliki terendam air banjir.

4. Putuskan Sistem Kelistrikan

Lepaskan saluran listrik plus dan minus pada aki kendaraan bermotor. Agar tidak terjadi kebakaran akibat dari korsleting listrik yang terjadi.

5. Bawa Kendaraan Ke Dealer Untuk Pengecekan Lebih Lanjut

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan ialah dengan membawa kendaraan yang terendam banjir ke dealer resmi dan terpercaya. Dimana nantinya mobil akan diperiksa secara detail dan benar agar bisa berjalan normal seperti biasanya. Bahkan biasanya untuk kendaraan yang baru, ECU nya sangat sensitif terhadap air.

Itulah beberapa langkah ataupun tips yang bisa anda lakukan. Ketika kendaraan yang anda miliki tiba-tiba terendam oleh air banjir dalam waktu yang sebentar ataupun dalam waktu yang lama. Semoga tips tersebut bermanfaat dan bisa anda share kepada saudara dan teman yang kendaraannya terendam akibat banjir.

Gambar : Antara Foto / Sigid Kurniawan