Hoax Dan UU ITE | Pinjaman online kuningan info

Hoax Dan UU ITE

KNGInfo.com – Hoax (berita bohong) kini merupakan salah satu hal yang ditakuti. Ditakuti dalam artian bahwa hoax tersebut dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sebenarnya Hoax atau Berita Bohong tersebut sudah ada sejak beberapa waktu yang lalu. Akan tetapi hoax semakin gencar dilakukan akhir-akhir ini menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar pada Bulan April mendatang.

Jelas tujuan dibuatnya berita hoax ataupun berita bohong ini untuk memecah belah rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Terlebih lagi memang masyarakat yang seolah-olah percaya begitu saja terhadap berita yang belum tentu kebenaran dan sumber yang jelas. Lalu apa yang bisa kita lakukan sebagai warga negara perihal berita hoax tersebut ?

Guna menyikapi berita hoax yang ramai dilancarkan dibeberapa media sosial. Oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut, ada beberapa langkah yang bisa kita ambil. Agar kedepannya tidak terjadi kegaduhan akibat dari berita hoax tersebut.

1. Jangan Mudah Percaya

Ketika kita melihat beberapa berita di media sosial seperti facebook dan yang lainnya. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan tidak mudah percaya terhadap berita tersebut. Jika memang kita tidak mengetahui asal muasal dan sumber yang jelas dari berita tersebut. Bahkan kita bisa saja melaporkan media tersebut yang disinyalir menyebarkan berita bohong. Agar secepatnya media sosial ataupun website yang menyebarkan berita hoax tersebut secepatnya diblokir.

2. Jangan Langsung Menyebarluaskan

Meskipun ada poin jangan mudah percaya akan sebuah berita yang belum tentu kebenarannya. Nyatanya masih saja ada beberapa orang yang tidak percaya berita tersebut, namun malah menyebarluaskannya dimedia sosial yang dimilikinya. Jelas hal ini justru akan semakin memperkeruh suasana dengan adanya berita hoax tersebut apalagi sampai menyebarluaskannya.

BACA JUGA  Komunitas Wargi Kuningan Akan Menggelar Takjil On The Road dan Grebek Masjid Selama Bulan Ramadhan

Saran mimin, jika tidak percaya berita tersebut karena disinyalir berita hoax. Ya jangan sampai menyebarluaskannya juga, karena dampaknya akan sangat besar. Kepada yang menyebarkannya dan juga kepada yang membaca dan mempercayai berita hoax tersebut. Justru berpotensi berita hoax tersebut akan cepat menyebar dan meresahkan masyarakat.

Lalu apa hubungannya dengan UU ITE ?

UU ITE No. 11 Tahun 2008 (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik) adalah UU yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik secara umum. Jadi ketika kita ikut menyebarluaskan berita bohong (hoax) kita bisa terjerat UU ITE yang dimaksudkan. Jelas hukuman bagi yang melanggar UU ITE tersebut tidak main-main. Karena yang melanggar bisa dikenakan sanksi hukuman penjara ataupun denda yang tidak sedikit.

Oleh sebab itu, mari kita menjadi bangsa yang tidak mudah dipecah belah oleh kepentingan kelompok-kelompok tertentu. Yang membuat kegaduhan melalui berita-berita bohong yang mereka buat hanya untuk mengadu domba bangsa Indonesia.