Ingin Ganti Foto E-KTP? Ini Syarat dan Caranya | Pinjaman online kuningan info

Ingin Ganti Foto E-KTP? Ini Syarat dan Caranya

KNGInfo.com Ingin Ganti Foto E-KTP? Ini Syarat dan Caranya. Tidak sedikit orang yang memiliki E-KTP dengan foto yang berbeda dengan aslinya, misalnya untuk wanita yang saat pembuatan E-KTP mereka belum menggunakan jilbab tapi sekarang telah berjilbab, atau bisa juga foto yang buram karena sudah cukup lama tersimpan didompet. Jika sudah begitu tentu bisa ada rasa ingin menggantinya bukan?

Dan baru – baru ini Zudan Arif, Dirjen Dukcapil Kemendagri mengatakan bahwa foto pada E-KTP bisa diganti. Melalui akun TikToknnya, beliau menjelaskan syarat dan cara menggantinya. Hal tersebut karena adanya pertanyaan dari salah satu pengikut akun TikToknya yang bertanya apakah foto pada E-KTP boleh diganti atau tidak. Berikut ulasan selengkapnya.

Sekilas Mengenai E-KTP

E-KTP adalah Kartu Tanda Penduduk yang pembuatannya secara elektronik sehingga penggunaannya pun bisa berfungsi secara komputerisasi. Lebih detailnya, E-KTP adalah dokumen kependudukan dengan menggunakan sistem keamanan yang baik dari sisi administrasi maupun teknologi informasi yang juga berbasis data kependudukan nasional.

Pembuatan program E-KTP ini berdasar oleh sistem pembuatan KTP konvensional yang sering kali menjadi peluang bagi orang – orang yang berbuat curang untuk hal tertentu dengan menggandakan KTP-nya.

Fungsi E-KTP

E-KTP juga memiliki beberapa fungsi, seperti:

  • Sebagai identitas diri.
  • Berlaku nasional sehingga tidak membutuhkan KTP lokal dalam pengurusan izin, membuat rekening bank dan lainnya.
  • Mencegah penggandaan dan pemalsuan KTP.
  • Lebih akurat dalam pendataan penduduk sehingga mendukung program pembangunan.

Hal tersebut bisa terwujud karena E-KTP memiliki sembilan lapis yang bisa meningkatkan keamanan dan adanya chip yang tertanam pada lapisan teratas di antara plastik putih dan transparan. Chip inilah yang mengeluarkan gelombang saat gesek dan akan terbaca oleh alat pendeteksi E-KTP sehingga bisa tahu jika E-KTP tersebut berada pada orang yang benar atau salah.

BACA JUGA  Cara cepat Isi Saldo GoPay

Syarat Mengganti Foto E-KTP

Ingin Ganti Foto E-KTP? Ini Syarat dan Caranya. Berdasarkan postingan Dirjen Dukcapil Kemendagri tersebut, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi untuk mengganti foto E-KTP, yakni:

  • Bagi perempuan muslimah yang dulunya belum berjilbab dan kini sudah berjilbab.
  • Apabila E-KTP rusak sehingga ada bagian yang terkelupas atau fotonya yang sudah buram.

Jika memenuhi syarat tersebut maka bisa mengganti dan membuat foto langsung di Dinas Dukcapil.

Cara Mengganti Foto E-KTP

Untuk menggantinya pun cukup mudah, yakni dengan membawa E-KTP  serta fotokopi KK ke Dinas Dukcapil setempat. Dan tidak memerlukan surat pengantar dari RT atau RW lagi.

Demikian syarat dan cara mengganti foto E-KTP yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu yang sedang mencari informasi mengenai hal ini.