Ini Dia Perbedaan SKCK Polsek, Polres Dan Polda

KNGInfo.com – SKCK Atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian merupakan salah satu surat yang dibilang cukup penting. Pasalnya SKCK biasanya digunakan sebagai pelengkap ketika kita akan mendaftar pekerjaan. Dan dapat dipastikan tanpa SKCK kita tidak bisa mengikuti proses selanjutnya dalam tahapan mencari kerja. Karena hampir setiap lowongan pekerjaan, salah satu persyaratannya adalah adanya SKCK dari Kepolisian setempat dimana anda tinggal.

Namun ternyata, dalam hal pembuatan SKCK setiap tingkatan instansi memiliki kegunaannya masing-masing. Dan berikut adalah perbedaan SKCK jika anda membuat SKCK tersebut baik di Polsek, Polres ataupun Polda.

SKCK Polsek

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang dikeluarkan oleh Polisi Sektor (Polsek). Biasanya digunakan sebagai syarat untuk mendaftar pekerjaan non pegawai negeri. Contohnya saja seperti perusahaan swasta, melanjutkan sekolah, pindah penduduk, pendaftaran calon perangkat desa, ataupun perpanjang kontrak karyawan. Seperti di RSUD non PNS, membuat perijinan usaha dan membuat buku pelaut (bukan paspor untuk melaut ke luar negeri).

SKCK Polres

Sedangkan untuk SKCK yang diterbitkan oleh Polisi Resort (Polres) bisa digunakan sebagai syarat untuk pendaftaran calon kepala desa. DPRD atau Kepala Daerah/Bupati mendaftar, pekerjaan CPNS ataupun BUMN non PNS dan syarat jika anda ingin menikah dengan seorang anggota TNI ataupun POLRI.

SKCK Polda

SKCK yang dikeluarkan langsung oleh Polisi Daerah (Polda) dalam hal ini Polda Jawa Barat. Bisa anda gunakan sebagai syarat untuk pendaftaran calon walikota ataupun DPRD tingkat Provinsi. Dan jika anda ingin bekerja keluar negeri anda bisa menggunakan SKCK yang dikeluarkan atau yang anda buat di Polda.

Jadi bagaimana ? Mau membuat SKCK jenis yang mana yang saat ini sedang anda butuhkan ?

Alamat Polsek Kadugede :

Jl. Raya Kadugede-Ciamis, Kadugede, Kuningan (Sebelah barat POM Bensin Kadugede).

Alamat Polres Kuningan :

Jl. RE Martadinata No. 526 Ancaran, Kuningan.

Telp : (0232) 875611

Alamat Polda Jawa Barat :

Jl. Soekarno Hatta No. 748 Kota Bandung, Jawa Barat.