Ini Tips Dari Siber Agar Menjaga Privasi Data Tetap Aman

  • 2 min read
  • Jan 30, 2021
Tips Dari Siber Agar Menjaga Privasi Data Tetap Aman

KNGInfo.comIni Tips Dari Siber Agar Menjaga Privasi Data Tetap Aman. Berada di era digital saat ini membuat kita menjadi lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan informasi melalui koneksi internet. Namun sayangnya, hal itu juga diimbangi dengan adanya potensi ancaman privasi data kita selalu pengguna internet. Adanya kerisauan dalam keamanan privasi data saat ini, membuat tim siber pun memberikan tips agar dapat menjaga privasi data tetap aman. Berikut ulasan selengkapnya.

Keamanan Privasi Data

Berawal dari kekhawatiran masyarakat yang menggunakan aplikasi yang tidak memiliki keamanan privasi, membuat mereka mencari aplikasi lainnya yang sekiranya mampu memberikan rasa aman atas privasi data mereka. Padahal tidak hanya aplikasi yang harus kita jaga, ada beberapa hal lainnya yang mempengaruhi aman tidaknya data kita tersebut.

Pemerhati keamanan Siber, Yerry Niko Borang pun mengatakan jika data kita ini sangat penting dan memiliki nilai ekonomi hingga pertahanan serta keamanan negeri, misalnya untuk kasus ekonomi adalah penjebolan akun bank. Bahkan dengan data tersebut bisa terjadi rekayasa serta mendorong arah politik saat pemilu.

Meski kini sudah banyak software atau peralatan yang bisa membantu mengamankan diri, namun kita tidak boleh sepenuhnya merasa aman karena bisa jadi aplikasi tersebut menjadi bumerang hingga mencuri data si penggunanya. Terlebih adanya fenomena Whatsapp yang dicurigai membocorkan data privasi penggunanya.

Cara Menjaga Privasi Data Tetap Aman

Yerri Niko Borang, selaku pemerhati keamanan siber pun memberikan tips untuk menjaga privasi data agar senantiasa aman saat berselancar di internet, seperti beberapa berikut ini:

  • Pengguna perlu untuk membuat password yang lebih rumit untuk orang lain namun mudah diingat oleh penggunanya.
  • Pengguna harus rajin mengganti password setidaknya 3 sampai 6 bulan sekali.
  • Gunakan tingkat keamanan berlapis seperti penggunaan 2 faktor otentifikasi.
  • Hindari berkunjung pada laman internet yang riasan, misalnya permainan online, situs dewasa dan lainnya.

Itulah ulasan mengenai tips menjaga privasi data tetap agar tetap aman dari siber yang bisa kita terapkan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kita semua.

BACA JUGA  Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *