Ini yang Harus Anda Persiapkan Untuk Mendaftar Kartu Prakerja | Pinjaman online kuningan info

Ini yang Harus Anda Persiapkan Untuk Mendaftar Kartu Prakerja

KNGinfo.comIni yang Harus Anda Persiapkan Untuk Mendaftar Kartu Prakerja. Sejak 11 April 2020 lalu, program kartu prakerja sudah mulai berjalan. Program yang ditujukan untuk korban PHK dan orang – orang yang belum memiliki pekerjaan ini bisa diakses pada situs www.prakerja.go.id untuk yang akan melakukan pendaftaran.

Program yang memberikan biaya untuk para pesertanya menjalani pelatihan sebelum mendapatkan insentif perbulannya selama 4 bulan ini, mempercepat pelaksanaannya guna mengurangi dampak ekonomi akibat wabah virus corona.

Beberapa Hal yang anda butuhkan Untuk Mendaftar Kartu Prakerja

Program kartu prakerja sudah berjalan hingga delapan gelombang yang kini sedang berlangsung dab diperkirakan masih tersisa dua gelombang lagi. Dan untuk anda, warga Kuningan yang ingin mencoba pun masih bisa mendaftar karena gelombang 8 ini akan dibuka hingga tanggal 14 September 2020. Namun sebelumnya anda perlu menyiapkan beberapa hal berikut sebelum mendaftar.

Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga

Saat mendaftar, anda akan dimintai nomor NIK yang ada pada Kartu Tanda Penduduk dan juga nomor Kartu Keluarga anda. Jadi ada baiknya anda mempersiapkannya terlebih dahulu sebelum memulai pendaftaran.

Email pribadi

Anda akan dimintai alamat email untuk pendaftaran program ini, dan untuk alamat email ada baiknya anda membuat sesuai dengan nama lengkap anda. Ini akan mempermudah proses verifikasi data anda selanjutnya.

Nomor telepon aktif

Selain alamat email, anda juga harus menyiapkan nomor telepon yang masih aktif dan biasa anda gunakan. Karena biasanya kode OTP akan dikirimkan kenomor telepon peserta dalam bentuk SMS.

Rekening E-Wallet

Ini berguna untuk menerima insentif dari hasil pelatihan yang sudah anda ikuti sebelumnya. Jika anda belum memilikinya, anda bisa membuat terlebih dahulu dengan beberapa pilihan yang ada seperti OVO, LinkAja, BNI dan Gopay.

Langkah – Langkah Pembuatan Akun Kartu Prakerja

Jika anda sudah menyiapkan beberapa syarat yang ada di atas, anda sudah bisa memulai untuk mendaftar pada program kartu prakerja ini. Inilah beberapa langkah – langkah yang harus anda ikuti.

  • Buka website kartu prakerja di prakerja.go.id untuk membuat akun anda.
  • Masukkan alamat email berserta pasword dan pilih daftar.
  • Selanjutnya buka email anda untuk verifikasi akun prakerja anda.
  • Setelah akun prakerja anda selesai dibuat, anda bisa lanjut dengan login menggunakan akun yang sudah anda buat tadi dan pilih daftar kartu prakerja.
  • Isi formulir dengan data diri anda mulai dari nomor KTP, KK, nomor telepon dan lainnya sesuai dengan format yang diminta.
  • Kemudian masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor telepon anda melalui SMS dan klik verifikasi.
  • Isi penyataan hingga selesai dan lanjutkan dengan mengisi tes motivasi dan kemampuan dasar diri.
  • Jika sudah selesai anda bisa langsung pilih gelombang yang tersedia dengan klik gabung.

Setelah semuanya selesai, anda harus menunggu hingga saldo kartu prakerja anda terisi dan anda bisa mengikuti pelatihan yang ada sesuai dengan minat anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.