Inilah Perencanaan Keuangan Keluarga Untuk Masa Tua Yang Lebih Indah, Tanpa Harus Memikirkan Kondisi Finansial Lagi

KNGInfo.com – Sudahkah anda memikirkan apa yang akan dilakukan selepas masa pensiun nantinya ? Begitu juga dengan persiapan dana dalam menghadapi masa tua tersebut. Mengingat tidak bisa dipungkiri juga jika seandainya setelah tidak lagi bekerja. Anda tidak bisa hanya sekedar mengandalkan uang pensiun yang dimiliki, apalagi sekarang ini jika melihat tingkat kebutuhan juga semakin naik. Belum lagi dengan keberadaan resiko seperti diantaranya adalah inflasi. Mau tidak mau harus ada perencanaan keuangan keluarga mulai dari sekarang untuk menghadapi masa tua tersebut.

Faktanya memang banyak yang sudah membuat rencana untuk rajin menabung, sehingga nantinya uang yang terkumpul juga bisa banyak dan digunakan untuk menghidupi masa tua. Namun dalam prakteknya, sulit sekali dilakukan. Apalagi ada hal-hal yang sifatnya tidak terduga juga sering kali terjadi. Sebut saja diantaranya adalah pengeluaran untuk kebutuhan darurat. Sehingga mau tidak mau uang yang sudah dikumpulkan tersebut nantinya akan terpakai juga.

Untuk itulah maka berikut ini diantaranya ada beberapa alternatif yang dapat anda terapkan untuk persiapan dana di usia tua bersama dengan keluarga. Diantaranya adalah :

  1. Mulailah untuk membeli produk asuransi, salah satu anggapan salah yang ada di kepala seseorang diantaranya adalah masih terlalu muda. Sehingga belum begitu membutuhkan produk asuransi. Padahal sebenarnya dengan membeli produk asuransi sejak masih muda justru ada banyak keuntungan yang didapatkan. Salah satu diantaranya adalah dari segi harga bisa mendapatkan lebih murah dibandingkan dengan membeli ketika sudah berusia tua. Tak perlu semua jenis asuransi, melainkan yang penting saja layaknya asuransi kesehatan maupun produk asuransi jiwa. Bisa memilih jenis asuransi jiwa yang dwiguna jika ingin memanfaatkan uangnya untuk kebutuhan di masa tua.
  2. Menabung. Hendaknya anda tetap menabung, biasakan hal semacam ini sejak usia muda. Tak hanya padan diri sendiri, melainkan juga kepada istri dan juga anak-anak muda. Sehingga mereka bisa mengatur kondisi finansial secara lebih baik. Uang tabungan yang banyak nantinya bisa dipertimbangkan untuk berinvestasi.
  3. Investasi. Jika jumlah tabungan sudah begitu besar ingat satu fakta bahwa uang rentan sekali mengalami resiko terkena inflasi. Sehingga nilainya kian lama kian turun atau jatuh. Salah satu upaya untuk menyiasatinya adalah dengan menggunakannya untuk kebutuhan investasi. Karena dengan demikian nilai keuntungan yang bisa didapatkan berlipat ganda. Carilah instrumen investasi yang resikonya kecil namun tingkat keuntungannya besar seperti diantaranya adalah dengan membeli properti atau mungkin juga tanah.
  4. Manfaatkan keahlian yang dimiliki ataupun aset untuk menambah income atau pemasukan bagi keluarga anda. Ini juga jadi hal yang sangat penting dilakukan sejak masih muda atau usia produktif. Anda dapat menggunakan keahlian yang dimiliki tersebut untuk mendapatkan pemasukan tambahan, begitupun aset untuk dijadikan modal berbisnis.
  5. Ingat juga kebutuhan anak, sehingga jika perlu belilah asuransi pendidikan untuk mereka. Jika melihat dari perbedaan usia yang cukup besar terpautnya dan jika diperhitungkan nantinya. Mereka masih harus mengenyam pendidikan atau sekolah ketika anda sudah pensiun. Maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan dana pendidikannya mulai dari sekarang diantaranya adalah dengan membeli asuransi.

Itulah beberapa upaya yang bisa anda terapkan mulai dari sekarang agar keuangan tetap sehat. Masa tua tinggal bersantai atau menikmati waktu untuk liburan bersama dengan istri saja. Perencanaan keuangan keluarga bisa mulai dilakukan sekarang juga.

Gambar : Iycoaliton