Jadwal Samsat Gendong Polres Kuningan 7-13 Oktober 2019

KNGInfo.com – Samsat Gendong merupakan salah satu program dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk memaksimalkan pendapatan dari pajak. Sebelum mengeluarkan program samsat gendong ini, sebelumnya Badan Pendapatan Daerah mengeluarkan program samsat keliling dan juga samsat masuk desa. Untuk samsat masuk desa sendiri, diwilayah kabupaten kuningan baru tersedia di Desa Kadugede.

Samsat Gendong (Samdong) ini akan melayani perihal Pengesahan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) setiap tahun. Melayani pembayaran PKB dan juga pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Samsat Gendong ini memiliki mekanisme yang lebih sederhana dari layanan samsat lainnya. Pasalnya karena dua petugas akan membuka stand (meja registrasi) ditempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Baik itu lokasinya di Balai RW, Balai Desa dan lokasi lainnya yang memungkinkan untuk dibukanya stand (meja registrasi). Syarat yang harus dibawa ketika akan menggunakan layanan Samsat Gendong :

  • Identitas KTP asli pemohon.
  • STNK Asli.
  • Bukti Pelunasan PKB dan SWDKLLJ (SKPD telah divalidasi) tahun terakhir.

Jadwal Samsat gendong 7-13 oktober 2019

Gambar 1. Jadwal Samsat Gendong Polres Kuningan 7-13 Oktober 2019

Dengan hadirnya layanan samsat gendong, akan semakin menjangkau wilayah-wilayah yang jauh dari Samsat Pusat. Dan tentunya pendapatan pemerintah dalam hal pajak ini bisa semakin meningkat. Pasalnya masyarakat yang tadinya malas untuk membayar pajak karena alasan waktu tempuh dan alasan lainnya. Bisa melakukan pengesahan dan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui samsat keliling ataupun samsat gendong serta samsat masuk desa.

Untuk layanan samsat gendong sendiri, hanya tersedia pada hari Selasa, Rabu serta hari Kamis. Sedangkan untuk hari Senin, Jum’at, Sabtu dan Minggu layanan samsat gendong LIBUR. Untuk itu, mari kita manfaatkan layanan dari samsat ini untuk membayar pajak tepat waktu dan agar tidak sampai terkena denda tambahan. Yang diakibatkan dari telatnya kita membayar pajak kendaraan bermotor yang kita miliki.