Jangan Lupakan Hal Ini Jika Anda Liburan Di Kuningan

KNGInfo.com – Kabupaten Kuningan merupakan salah satu kabupaten diwilayah timur Provinsi Jawa Barat. Dimana Kabupaten Kuningan sendiri memiliki banyak sekali potensi wisata yang menjadikannya banyak dilirik para wisatawan. Baik itu wisawatan lokal atau bahkan mungkin wisatawan mancanegara. Terlebih dikuningan sendiri, banyak sekali potensi wisata terbaru yang menawarkan keindahan alam kabupaten kuningan.

Namun yang perlu diingat, kabupaten kuningan tidak hanya kaya akan potensi tempat wisatanya. Kuliner dan oleh-oleh khasnya juga selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Jangan lewatkan beberapa hal ini jika anda sedang berlibur di kuningan :

1. Menikmati Kuliner Khas Kabupaten Kuningan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selain memiliki potensi wisata yang menakjubkan. Kabupaten Kuningan sendiri banyak sekali memiliki kuliner khas yang sayang jika anda lewatkan ketika sedang berlibur disini. Dan ini merupakan beberapa kuliner khas kabupaten kuningan yang bisa anda coba dan rasakan kenikmatannya :

  1. Hucap Ma Iroh : Hucap Ma Iroh merupakan salah satu kuliner khas kabupaten kuningan yang sudah ada sejak lama. Hucap atau Kupat Tahu yang dilumuri bumbu kacang dan kecap ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi warga kuningan dan sekitarnya. Terlebih lagi Hucap Ma Iroh, bahkan beberapa waktu yang lalu mantan presiden RI yakni Susilo Bambang Yudhoyono menyempatkan diri untuk merasakan kenikmatan dari Hucap Ma Iroh. Selain rasanya yang enak, harga yang ditawarkan untuk satu porsi hucap pun cukup murah meriah. Alamat Hucap Ma Iroh : Jl. Dewi Sartika, Kuningan, Jawa Barat.
  2. Rujak Kangkung : Rujak Kangkung merupakan kuliner khas kabupaten kuningan yang berasal dari wilayah cibingbing. Seperti namanya, rujak ini terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dengan bumbu yang dicampur terasi. Makin enak disantap dengan kerupuk.
  3. Nasi Kasreng : Nasi Kasreng merupakan kuliner khas lainnya yang ada di kabupaten kuningan dan berasal dari daerah Luragung. Nasi Kasreng ini merupakan nasi yang dibungkus (menyerupai nasi kucing) yang disantap dengan aneka lauk pauk. Lauk pauknya diantaranya ialah pepes ikan, sambal, lalapan toge, gorengan, rebon dan lainnya.
  4. Tahu Lamping / Tahu Kopeci : Wilayah kuningan yang banyak pedagang tahu khas kuningan berada di Jl. Veteran Kuningan. Disini merupakan sentra tahu yang menjadi kuliner khas kabupaten kuningan. Banyak wisatawan yang berkata kurang afdol jika liburan ke kuningan tanpa makan tahu lamping ataupun tahu kopeci.
  5. Papais : Papais merupakan kuliner yang terbuat atau berbahan dasar beras ketan ataupun ketela pohon yang dibungkus dengan daun pisang.

Mungkin itulah beberapa makanan atau kuliner khas yang ada dikabupaten kuningan. Sebenarnya masih banyak namun admin mencoba menjabarkan sedikit saja untuk memberikan referensi.

2. Membeli Oleh-Oleh Khas Kabupaten Kuningan

  1. Tape Ketan Dalam Ember : Mungkin ini yang menjadi ciri khas dari oleh-oleh khas kuningan ini. Mungkin biasanya oleh-oleh itu dibungkus semenarik mungkin. Beda dengan tape ketan khas kuningan yang dimasukan dalam ember hitam. Dan justru karena hal unik itulah tape ketan selalu menjadi incaran oleh-oleh khas kuningan oleh wisatawan yang berkunjung ke kuningan.
  2. Jeruk Nipis Peras (Jeniper) : Jeruk Nipis Peras merupakan minuman yang terbuat dari jeruk nipis yang kini menjadi oleh-oleh khas kuningan. Sentra produksi dari jeruk nipis peras ini berada di ciawigebang, kuningan. Banyak yang membeli oleh-oleh ini karena memang khasiatnya juga banyak bagi kesehatan tubuh. Terdapat dua produk, yakni produk minuman siap minum dalam kemasan botol kecil. Dan juga produk besar yakni sirup yang harus dicampur terlebih dahulu dengan air sesuai selera.
  3. Keripik Gemblong.
  4. Opak Bakar.
  5. Tahu Lamping.

Dan masih banyak lagi oleh-oleh khas kuningan yang selalu menjadi incaran para wisatawan yang sedang berlibur dikuningan.