Jangan Salah Tafsir, Ini Beberapa Penjelasan Terkait ODP, PDP, Suspect Dan Positif Dalam Kasus Covid-19 | Pinjaman online kuningan info

Jangan Salah Tafsir, Ini Beberapa Penjelasan Terkait ODP, PDP, Suspect Dan Positif Dalam Kasus Covid-19

KNGInfo.com –¬†Merebaknya wabah virus corona atau covid-19 di Indonesia tentu membuat semua orang panik. Pasalnya tingkat penyebaran dari virus corona ini tergolong sangat mudah. Bisa melalui interaksi secara langsung, bersentuhan dan hal lainnya. Tak heran jika pemerintah mengeluarkan himbauan dimana dalam 14 hari diharapkan masyarakat diam dirumahnya masing-masing.

Tidak melakukan aktifitas apapun diluar rumah jika memang hal tersebut tidaklah terlalu penting. Selain itu, dalam kasus virus corona ini memang terdapat beberapa istilah yang jadi sering kita dengar. Baik mendengar lewat berita di televisi ataupun dimedia lainnya.

Untuk itu, agar tidak terjadi salah paham dan kepanikan di masyarakat. Berikut penjelasan mengenai beberapa arti dalam kasus virus corona :

1. Orang Dalam Pemantauan (ODP)

Seseorang dikatakan menjadi orang dalam pengawasan (odp) ialah jika ia pernah bepergian ke daerah yang sedang terjadi kasus virus corona. Baraya juga bisa saja menjadi orang dalam pemantauan jika pernah berkontak secara langsung dengan seseorang penderita virus corona. Orang yang masuk kedalam ODP ini ialah orang yang belum menunjukkan sakit sama sekali.

2. Pasien Dalam Pengawasan (PDP)

Orang yang masuk kedalam kategori ini ialah orang yang sudah menjalani perawatan dan menunjukkan gejala sakit. Seperti halnya batuk, demam, pilek dan juga sesak napas.

3. Suspect

Pengertian suspect sendiri ialah seseorang yang diduga kuat sudah terinfeksi virus corona dengan menunjukkan gejala seperti demam, pilek, batuk dan sesak napas. Orang yang dalam status suspect juga biasanya pernah melakukan kontak secara langsung dengan penderita virus corona atau sudah mengarah ke penyakit yang dimaksud. Namun belum didapatkan hasil laboratorium menunjukkan ia positif virus corona.

4. Positif

Untuk pasien atau seseorang yang dikatakan positif menunjukkan jika ia memang benar-benar positif menderita virus corona. Hal tersebut juga telah dibuktikan dengan hasil dari laboratorium secara mikroskopis dan juga pemeriksaan klinis oleh team dokter.

Itulah beberapa istilah yang ada dalam kasus virus corona. Jadi jangan sampai baraya salah paham dengan beberapa istilah-istilah tersebut.

Jangan sampai baraya menjadi penderita covid-19, untuk itu mari kita jaga kebersihan selalu, jaga kesehatan dan dimohon untuk sementara waktu tidak keluar rumah. Lebih baik dirumah dan mengisolasi mandiri daripada keluar rumah dan malah bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Terlebih lagi penyebaran virus corona ini memang sangat mudah.

Istilah-istilah diatas disimpulkan setelah melihat laman resmi dari pemerintah provinsi jawa barat.

Gambar : National Geographic Grid