Kamis Ini, KPU Kuningan Jemput Surat Suara Untuk Pemilu

KNGInfo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan melakukan penjemputan surat suara Pemilu 2019. Penjemputan yang dilakukan pada Kamis 28 Februari 2019 tersebut, dilakukan bersama Bawaslu dan juga Kepolisian. Sebelumnya keputusan jemput surat suara pemilu baru diputuskan dalam rapat koordinasi pengamanan surat suara. Yang dilakukan di Aula KPU Kabupaten Kuningan, yang dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Aep Z Fauzi dan jajaran komisioner serta Plt Sekretaris KPU.

Dimana dalam rakor tersebut, Asep membeberkan jenis surat suara yang dikirim yaitu surat suara pilpres dan surat suara DPR RI Dapil 10 Jabar. Surat suara untuk dua jenis pemilihan tersebut masing-masing berjumlah 868.336 lembar. Dimana nantinya akan dikemas dalam 435 box untuk surat suara pilpres dan 1.737 box untuk surat suara DPR RI.

Barang tersebut akan dikirim langsung dari Kota Kudus Jawa Tengah dengan menggunakan dua unit mobil fuso dengan bak tertutup.

Untuk keamanannya sendiri, Ketua KPU Kuningan akan melakukan penjemputan secara langsung ke pabrik PT Pura Barutama. Yang berlokasi di Jl AKBP Agil Kusumadaya Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Dua jenis surat suara yang akan dikirim pada tahap pertama tersebut akan disimpan digudang logistik yang disewa oleh KPU. Gudang tersebut beralamat di Desa Ciloa Kecamatan Kramatmulya. Nantinya, surat suara yang diterima akan disortir untuk dilipat untuk selanjutnya dikemas bersama logistik pemilu lainnya.

Proses tersebut dilakukan secara bertahap sambil menunggu kiriman surat suara berikutnya. Rencananya proses penyortiran dan pelipatan akan dilakukan di GOR Ewangga Kuningan. Penggunaan GOR ini dilakukan atas pertimbangan keamanan surat suara mengingat saat ini masih musim penghujan.

Sumber lengkap di : KPU Kabupaten Kuningan