Kemenpar Berikan Dorongan Agar Masyarakat Kuningan Sadar Wisata

KNGInfo.com – Kementrian Pariwisata RI mengajak kepada seluruh komponen masyarakat di kabupaten kuningan. Untuk aktif membangun dan meningkatkan daya tarik berbagai objek serta destinasi wisata yang ada di kabupaten kuningan.

Ajakan tersebut disampaikan langsung ketika acara gerakan sadar wiata dan aksi sapta pesona yang digelar oleh kementrian pariwisata RI yang bertempat di kawasan objek wisata waduk darma, kecamatan darma, kabupaten kuningan. Pada hari kamis, 23 november 2017 kemarin.

Acara tersebut digelar kementrian pariwisata melalui asisten deputi tata kelola destinasi dan pemberdayaan masyarakat. Deputi bidang pengembangan destinasi dan industri pariwisata. Dimana sekitar 100 peserta dari berbagai pihak ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Diantaranya adalah perwakilan kelompok masyarakat pengelola objek-objek wisata, masyarakat desa sekitar objek wisata, perwakilan dari kelompok masyarakat penggerak pariwisata dan juga generasi pesona indonesia kabupaten kuningan.

Gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona wisata diikuti peserta sebanyak itu berlangsung dari pagi hingga sore hari. Dan dibuka langsung oleh wakil bupati kuningan Dede Sembada. Selain itu, seluruh rangkaian kegiatan acara itu juga dihadiri dan diikuti ketua dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten kuningan Rana Suparman, kepala dinas pemuda olahraga dan pariwisata kabupaten kuningan Jaka Chaerul, serta perwakilan dari kementrian pariwisata dan anggota komisi X DPR RI.

Dalam acara tersebut, peserta dibagi kedalam tujuk kelompok sesuai dengan sapta ( tujuh ) pesona wisata dan sejumlah rangkaian kegiatan menarik. Diawali dengan menyapu sampah berhadiah di seputar area lokasi kegiatan, mendengarkan paparan sejumlah pembicara. Serta diselingi tanya jawab seputar kepariwisataan berhadiah, dan lain-lainnya.

Melalui acara tersebut, peserta dipicu untuk menjadi pelaku dan sekaligus motivator untuk membangun masyarakat kuningan yang sadar wisata. Sekaligus aktif membantu mewujudkan wisata kuningan yang memenuhi semua unsur sapta pesona wisata. Dimana sapta pesona yang dimaksud adalah wisata yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan juga menjadi kenangan bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Wakil bupati kuningan, Dede Sembada mengatakan pariwisata di kuningan akhir-akhir ini berkembang sangat pesat. ” akhir-akhir ini dikuningan banyak sekali objek destinasi-destinasi wisata yang memang muncul, apalagi dengan dukungan undang-undang desa,” tuturnya.

Berdasarkan hasil sensus ekonomi daerah, kunjungan wisata ke kabupaten kuningan dalam beberapa tahun terakhir mencapai 1,2 juta jiwa per tahun. ” kami ingin sektor pariwisata di kuningan kedepannya menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Dede Sembada.

Dede Sembada lebih lanjut lagi menyatakan peningkatan sektor pembangunan pariwisata sangat membutuhkan peran aktif masyarakat. ” masyarakat sebagai salah satu pemangku kepentingan pembangunan, berperan penting. Tidak hanya sebagai penerima manfaat pembangunan, akan tetapi dalam hal pembangunan kepariwisataan juga harus turut menjadi pelaku yang mendorong keberhasilan pembangunan kepariwisataan di daerahnya,” ujarnya.

Sementara itu, analis kebijakan dari asisten deputi hubungan kelembagaan kerja sama luar negeri. Kementrian pariwisata selaku pemandu acara tersebut Rinto Taufik Simbolon, Menyebutkan acara serupa dalam periode pemerintahan sekarang telah dilakukan kementrian pariwisata di 68 kabupaten dan kota di indonesia.

Melalui kegiatan tersebut, dia menuturkan diharapkan masyarakat sebagai tuan rumah di setiap daerah berpartisipasi aktif membantu program pemerintah dalam pembangunan, pengembangan, dan peningkatan daya tarik objek-objek wisata di indonesia. Khususnya di daerahnya masing-masing.

” Ini kegiatan kami lakukan untuk mendorong masyarakat berpartisipasi mendukung sadar wisata dan sapta pesona diberbagai objek wisata,” katanya.

Sumber : pikiran-rakyat.com