KPU Kabupaten Kuningan Menggelar Bimtek P2S

KNGInfo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar bimbingan teknis perihal Pemungutan dan Penghitungan Suara (P2S). Serta Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019. Dimana kegiatan yang dilangsungkan pada tanggal 9 Maret 2019 itu digelar di Hotel Prima Resort Kuningan. Yang turut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Z Fauzi dan Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Penyelenggaraan Maman Sulaeman. Serta Kasubag Teknis dan Hupmas Jajang Jamaludin. Hadir sebagai peserta bimtek yaitu Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Divisi Logistik dan Divisi Teknis dari 32 kecamatan yang ada di Kuningan.

Sebelum bimtek dimulai, Maman Sulaeman melakukan pra-test terhadap 64 orang anggota PPK. “Dimana Pre-test ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana keterpahaman rekan-rekan penyelenggara tingkat kecamatan mengenai pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019.” tutur Maman.

Gambar 1. Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Asep Z Fauzi

Selanjutnya kegiatan dimulai dengan sambutan dari Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Z Fauzi. Asfa demikian panggilan akrabnya menyampaikan bahwa bimtek yang melibatkan divisi teknis dan logistik ini dilakukan untuk membangun ketersinkronan kinerja dalam hal kaitannya tata kelola aturan teknis P2S dan tata kelola logistik pada hari H.

“Pasca bimtek, diharapkan PPK dapat mentransferkan pengetahuan tentang P2S dan Logistik kepada penyelenggara tingkat Desa/Kelurahan dan rekan-rekan KPPS. Transfer pengetahuan ini diharapkan dilakukan seintens mungkin untuk memastikan pemahaman yang merata. PPK juga dihimbau untuk melakukan koordinasi, supervisi dan asistensi terhadap PPS dan KPPS.” tutur Asfa.

Gambar 2. Anggota PPK Divisi Teknis dan Logistik

Maman kemudian menjelaskan bahwa bimtek P2S akan berlangsung hingga 10 Maret 2019. Dirinya mengungkapkan bahwa penggunaan varian model bimtek ini diharapkan dapat menjadi solusi keterserapan materi. Sehingga rekan-rekan penyelenggara tingkat kecamatan dapat menyerap pembahasan seluruh materi secara optimal.

“Selain penyampaian materi secara verbal, metode bimtek kali ini juga menggunakan metode simulasi. Adapun pembahasan yang akan dilaksanakan pada bimtek yakni meliputi Pasca Sukses P2S Pemilu 2019, Pemungutan dan Penghitungan Suara, Rekapitulasi Penghitungan Suara, Simulasi Pengisian Model C Pemilu 2019 dan juga Simulasi Rekapitulasi Penghitungan Suara.” tutur Maman.

Sumber : KPU Kabupaten Kuningan