KPU Kabupaten Kuningan Monitoring Proses Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat PPK Di 32 Kecamatan

KNGInfo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah melakukan kegiatan supervisi dan juga monitoring Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara. Rekapitulasi tersebut dilakukan di tingkat kecamatan di 32 kecamatan yang ada di kabupaten kuningan. Selama dua hari, terhitung sejak tanggal 29 juni sampai dengan 30 juni 2018.

Dasar hukum dari kegiatan ini adalah Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan komisi pemilihan umum nomor 1 tahun 2017. Yang memuat tentang tahapan, program dan juga jadwal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pemilihan bupati dan wakil bupati, dan atau walikota dan wakil walikota. Serta peraturan komisi pemilihan umum nomor 9 tahun 2018 tentang rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan atau walikota dan wakil walikota.

Dimana kegiatan monitoring tersebut dilakukan oleh ketua, komisioner, dan sekretariat kpu kabupaten kuningan ke 32 kecamatan. Adapun waktu dimulainya rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di PPK berlangsung variatif. Ada yang mengambil waktu hari jum’at (29 Juni 2018) dan ada yang mengambil waktu di hari sabtu (30 Juni 2018). Hal tersebut sesuai dengan amanat peraturan komisi pemilihan umum nomor 2 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan komisi pemilihan umum nomor 1 tahun 2017. Tentang tahapan, program dan juga jadwal.

Selanjutnya, setelah kegiatan rekapitulasi di tingkat ppk selesai dilaksanakan. Kegiatan rekapitulasi selanjutnya dilakukan ditingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan. Yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 juli 2018 guna menetapkan perolehan suara pemilihan bupati dan wakil bupati kuningan tahun 2018. Dan mengumumkan hasil perolehan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur jawa barat tahun 2018.

Informasi dari : Website KPU Kabupaten Kuningan.