KPU Kuningan Gelar Sosdiklih Bagi Pemilih Pemula

KNGInfo.com – Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Kuningan menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk segmen kelompok pemilih pemula. Pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur jawa barat serta pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten kuningan tahun 2018. Kegiatan tersebut berlangsung di lembah ciremai restaurant terhitung sejak pukul 13.00 WIB.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Asep Z Fauzi. Kepala Disdukcapil Kabupaten Kuningan Drs. KMS Zukifli, M.Si., Ketua MKKS SMK Kabupaten Kuningan Saidun, M.M.Pd., Relawan Demokrasi Kabupaten Kuningan. Dan Pelajar SMK seKabupaten Kuningan beserta guru pendamping.

Didalam sambutannya, Heni Susilawati menyampaikan kepada seluruh peserta forum sosdiklih bahwa Kabupaten Kuningan pada hari Rabu 27 Juni 2018 akan melaksanakan pilkada serentak. Selain itu, Heni juga menyampaikan bahwa dalam mengikuti setiap proses dalam tahapan pilkada. Pemilih ( baik pemilih pemula ataupun pemilih segmen lainnya ) diharapkan untuk mampu menolak politik uang untuk pilkada yang semakin berkualitas.

” Pilkada kuningan harus ditempatkan sebagai wahana edukasi. Siapapun yang terlibat dalam pilkada, diharapkan dapat mengambil pelajaran pada prosesnya. Selain itu, warga kuningan harus mampu merasakan kesemarakan dan kegembiraan dalam menjalani pilkada. Hal itu salah satunya dapat diperoleh dengan cara mengikuti proses pilkada sepenuh hati dan menempatkan pilkada sebagai kepentingan bersama.” Tutur Heni Susilawati.

Selanjutnya Asep Z Fauzi memandu kegiatan sosdiklih. Asep menyampaikan pemilih pemula memiliki peranan penting dalam hal partisipasi masyarakat sebagai pemilih. Terlibatnya pemilih pemula dalam pilkada akan memberikan sumbangsih suara bagi pemimpin kuningan dan jawa barat kedepannya. Dengan begitu, legitimasi bagi pemimpin terpilih akan semakin kuat.

Peserta kegiatan sosdiklih kemudian menerima paparan materi dari Drs. KMS Zulkifli, M.Si. Dimana dalam paparannya, Zul menyampaikan bagi yang belum melakukan perekaman KTP elektronik dipersilahkan untuk segera ke kecamatan. Atau langsung datang ke disdukcapil. Hanya dengan memiliki KTP elektronik  atau surat keterangan dari disdukcapil atau kartu keluarga. Masyarakat kuningan dapat mendapatkan hak pilihnya dalam pilkada serentak 2018.

” Saya mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh KPU Kabupaten Kuningan. Semoga peserta sosdiklih dapat menjadi duta-duta KPU Kabupaten Kuningan yang secara semangat dapat membantu menyebarluaskan informasi pilkada serentak 2018. Dengan masifnya penyebaran informasi kepada masyarakat luas oleh pemilih pemula dapat menjadi percontohan bagi yang lainnya. Pelajar yang telah memiliki hak pilih diharap datang ke TPS untuk menentukan pilihan.” Tutur Saidun.

Kemudian Saidun menyampaikan bahwa dalam menentukan pilihan, pemilih harus melaksanakannya dengan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Sebagai pemilih yang cerdas, ketika menentukan pilihan terlebih dahulu harus mempelajari visi misi calon pemimpin dan mengenali riwayat hidupnya.

Sumber : kpu-kuningankab.go.id