Kuliner Terbaik Di Kuningan, Bagi Anda Pecinta Kuliner

KNGInfo.com – Jawa barat memang tidak pernah ada habisnya jika kita berbicara mengenai kuliner yang nikmat dan eksotis. Meskipun Kota Bandung memang kerap disebut sebagai pusat kuliner di Jawa Barat, sebenarnya masih banyak kota-kota lain di wilayah provinsi Jawa Barat yang dapat menyajikan kenikmatan kuliner yang tiada tara. Kali ini kita akan membahas Kuliner yang ada di Kota Kuningan.

Sebagai salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat, tidak ada yang bisa memungkiri nikmatnya kuliner dikota kuningan ini. Baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara telah menjadi bukti betapa nikmatnya kuliner yang ada dikota kuningan. Mau itu kuliner lokal, nasional maupun internasional yang disajikan di tanah Kuningan.

Bagi anda pecinta kuliner, berikut adalah beberapa kuliner terbaik di tanah Kuningan yang patut anda coba. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke kuningan tanpa menyempatkan diri mencoba kuliner berikut ini :

Ketempling

Berkunjung ke kota kuningan, tak lengkap rasanya jika belum mencoba makanan yang satu ini. Meskipun tergolong makanan ringan, ketempling mampu hadir dengan cita rasa yang menggoda. Ketempling sendiri adalah jajanan tradisional masyarakat kuningan yang terbuat dari singkong. Bentuknya pun cukup menarik dengan bulat kembung, namun dengan citarasa renyah berkat bagian tengahnya yang kosong.

Untuk rasanya sendiri sangat nikmat yang menjadikan makanan ini cocok disantap dengan berbagai kuliner lainnya. Mulai dari bakso, mie ayam, hingga soto. Oleh karena itu, jangan heran jika anda berkunjung ke kuningan dan melihat makanan ini dipadukan dengan beragam kuliner khas kuningan lainnya. Bahkan beberapa warung khas anak muda dikota ini berani menyajikan ketempling dengan beragam makanan kekinian.

Banyak anak muda kuningan yang bahkan tidak ragu-ragu menyantap ketempling sambil mengerjakan tugas kuliah mereka. Atau bahkan mengunjungi situs-situs favorit mereka di dunia maya. Beberapa dari rekan penulis juga bahkan pernah menghabiskan waktunya di cafe favorit mereka untuk mengunjungi situs favorit mereka M88 atau lewat link alternatif M88. Sambil ditemani ketempling, bagi mereka nikmatnya tiada tara. hehehe

Tahu Kopeci

Jika dilihat sekilas, penampilan kuliner yang satu ini memang banyak mewarisi tampilan dari tahu sumedang. Tapi jangan salah sangka, diantara mereka yang pernah mencicipi kuliner khas kuningan yang satu ini banyak yang mengatakan bahwa tahu kopeci tak kalah enak dari tahu sumedang. Tahu Kopeci juga dikenal masyarakat lokal dengan sebutan tahu lamping.

Rasanya yang gurih dengan dilengkapi tekstur unik yang padat, namun tetap halus. Mungkin inilah alasan dibalik kepopuleran kuliner yang satu ini dikalangan para pecinta kuliner.

Galono

Kalau anda berkesempatan berkunjung ke kota kuningan, pastikan kalian tidak melewatkan kuliner yang satu ini. Galono merupakan salah satu kuliner khas dengan kisah yang sangat menarik. Berbeda dengan kuliner lainnya, galono terbuat dari ampas tahu, yang oleh pembuatnya kemudian diolah dengan cara digoreng menggunakan tepung.

Sebelum digoreng, adonan galono telah terlebih dahulu ditaburi dengan potongan daun bawang. Dari bahan inilah aroma khas kuliner galono tercium. Bagi masyarakat kuningan, kuliner yang satu ini akan sangat nikmat jika disantam dengan beragam kuliner lainnya seperti nasri kasreng, bala-bala ataupun combro.

Papais

Jika dibandingkan dengan beragam kuliner lainnya, bisa dibilang papais adalah salah satu varian kuliner kota kuningan yang tergolong sangat tua. Papais adalah kuliner lokal kuningan yang terbuat dari beras ketan, namun ada juga beberapa orang yang mengganti beras ketan tersebut dengan ketela pohon. Setelah dibuat menjadi adonan, bagian tengah dari adonan akan diisi dengan parutan kelapa, kemudian ditambahkan dengan gulaaren yang secara khusus dibentuk menjadi kerucut.

Pada tahap berikutnya, adonan ini akan dibungkus menggunakan daun pisang dan kemudian direbus. Papais sendiri memiliki rasa yang cukup unik, berkat paduan parutan kelapa dan gula aren, kuliner ini menjanjikan kombinasi rasa yang gurih dan manis. Selain itu, berkat adonan dari beras ketan ataupun ketela pohon, anda akan dengan cepat merasa kenyang setelah mengkonsumsi kuliner yang satu ini. Itulah asalannya papais ini seringkali dijadikan makanan sela ditengah masyarakat kuningan.

Hucap

Sudah puas dengan beraham makanan ringan dan ingin beralih ke makanan yang lebih berat ? jika memang demikian, anda harus mencoba hucap! Kuliner khas kuningan ini sebenarnya merupakan singkatan dari 2 nama yang berbeda yaitu tahu dan kecap. Sekilas tampilannya memang mirip dengan siomay, Tapi bagi masyarakat kuningan mereka terbiasa menikmati hucap dengan makanan lain seperti ketupat ataupun lontong.

Bahkan tidak sampai berhenti disitu saja, hucap kemudian dilengkapi dengan bumbu kecap dan kuah kacang. Dari sini malah terlihat kemiripannya dengan sate padang, tapi secara keseluruhan bisa dibilang varian kuliner yang satu ini jauh lebih mirip dengan ketupat atau ketoprak. Tapi di kuningan, rasa kecap yang dibuat sangat dominan jadi jangan kaget kalau saat anda memakannya nanti rasa manis akan lebih dominan dibandingkan dengan rasa lainnya.

Nasi Kasreng

Bagi anda yang pernah merasakan nasi kucing khas yogyakarta, mungkin anda akan familiar dengan tampilan makanan khas kuningan yang satu ini. Nasi kasreng memang secara tampilan mirip dengan nasi kucing, tapi kali ini ada sedikit perbedaan. Masyarakat lokal kuningan biasanya menyantap nasi kasreng mereka dengan beragam lauk pauk. Seperti pepes ikan, rebon, gorengan, sambal, paray sampai lalapan toge.

Jika anda ingin mencobanya, jangan lupa mampir kedaerah luragung dan sekitarnya. Disini anda bisa menikmati varian nasi kasreng dengan harga yang sangat terjangkau.

Rujak Kangkung

Jika didaerah lain namanya rujak pasti identik dengan beragam buah-buahan yang dijadikan satu sajian. Maka beda halnya dengan rujak yang ada dikuningan ini. Makanan ini memang tergolong sangat unik karena memadukan 2 jenis kuliner dengan sifat dasar dan rasa yang sangat berbeda. Alih-alih menggunakan buah sebagai bahan utamanya, masyarakat kuningan justru memilih untuk menggunakan sayur kangkung.

Kangkung segar dipilih untuk dipadukan dengan sambel rujak dengan rasa yang pedas dan sangat kental. Setelah dipadukan hasilnya pun luar biasa. Rasa segar dari sayur kangkung mampu menetralkan rasa pedas yang berasal dari sambal. Selain itu, tergantung dari varian sambal yang digunakan, anda bisa menemukan beragam rasa sambal di sajian rujak kangkung khas kuningan.

Bagaimana ? Menarik bukan ? Kuningan memang sudah pantas disebut sebagai salah satu surga kuliner setidaknya diwilayah Jawa Barat. Dengan berbagai makanan nikmat yang sidajikan, perjalanan anda dikuningan pun akan kurang maknanya tanpa makanan ini. Jadi pastikan jika anda berkunjung ke kuningan suatu saat nanti, anda mencoba makanan khasnya.