Kuningan Segera Miliki Jalan Yang Ditata Ala Malioboro

KNGInfo.com – Jalur terbuka hijau sepanjang kurang lebih 200 meter yang berisi pepohonan dan tanaman hijau akan segera dibongkar. Jalur pemisah yang terdapat disepanjang pertokoan di jalan siliwangi tersebut akan diubah menjadi satu lajur. Dimana dipinggir jalan di depan pertokoan sebelah baratnya akan ditata menyerupai jalanan malioboro yang ada di yogyakarta.

Menurut Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Kuningan. M Ridwan Setiawan Menyatakan bahwa bekas jalur hijau pemisah dua lajur jalan tersebut akan dijadikan bagian badan jalan satu lajur. Kemudian trotoar depan deretan pertokoan sebelah barat bagian jalan tersebut yang kini hanya memiliki lebar sekitar 1,5 meter akan diperlebar menjadi 3,5 meter.

” Antara trotoar lebar dan badan jalan satu lajur itu, akan dibatasi dengan jalur ruang terbuka hijau. Atau alur taman yang memiliki lebar 80 cm. Dan trotoar yang berada dibelakang jalur hijau itu akan dinaungi atap spandek, ya mirip-mirip dijalan malioboro Yogyakarta,” Ujarnya seraya menyebutkan pada trotoar lebar beratap itu juga akan disediakan lahan untuk pedagang kaki lima yang tertata rapih.

Penataan bagian jalan dipusat kota kuningan itu, tuturnya intinya dilakukan dalam rangka penataan kota kuningan. Dan sudah melalui pertimbangan berbagai aspek. ” Dengan penataan seperti yang sudah direncanakan, diharapkan aspek ketertiban dan keindahan kota kuningan khususnya akan meningkat. Para pedagang kaki lima maupun para pejalan kaki disana akan semakin nyaman dan lalu lintas serta penataan parkir mobil disepanjang jalan itu akan lebih tertib lagi,” ujarnya.

Disinggung perihal penataan parkir kendaraan, Ridwan Setiawan menyebutkan tempat parkir dibagian ruas jalan siliwangi itu tetap hanya untuk mobil kecil. Rencana Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, parkir mobil disisi jalan sebelah barat akan diatur hanya untuk satu deret  tidak menghadap toko. Hanya menepi dalam posisi searah dengan jalur jalan.” Sedangkan parkir mobil untuk di sisi timur tetap seperti sekarang posisinya menghadap toko atau trotoar,” ujarnya.

Sumber : pikiran-rakyat.com