Macam - Macam Seni Budaya di Kabupaten Kuningan | Pinjaman online kuningan info

Macam – Macam Seni Budaya di Kabupaten Kuningan

KNGInfo.com – Indonesia terkenal dengan beragam macam kebudayaannya, yang bahkan sebagian besar negara lain sudah tahu akan keragaman seni budaya yang ada di negara ini. Mulai dari seni tari, musik, rupa, pakaian, rumah, upacara dan lainnya yang patut kita kagumi dan lestarikan. Agar tidak tenggelam dengan adanya budaya – budaya asing yang saat ini sudah mulai masuk ke negara kita. Karena budaya merupakan jati diri akan suatu bangsa.

Tak terkecuali dengan seni budaya yang ada di Kabupaten Kuningan, yang berada di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten Kuningan ini memiliki berbagai seni budaya yang khas akan masyarakat Sunda yang mana sangat menjaga nilai sopan santun.

Beberapa Seni Budaya Kabupaten Kuningan

Seni budaya yang ada di Kabupaten Kuningan sangat dijaga dengan baik dengan menyelenggarakannya secara rutin, hal ini tentunya untuk menjaga warisan budaya yang sudah ada sejak turun menurun. Seperti beberapa seni budaya berikut yang sudah menjadi simbol dan ciri khas dari Kabupaten Kuningan.

Upacara Seren Taun

Seren mempunyai arti dalam bahasa Sunda sebagai seserahan dan taun berarti taun. Sesuai dengan artinya, upacara ini biasanya diselenggarakan untuk memperingati pergantian tahun. Sebagai tanda berterimakasih kepada Sang Pencipta atas hasil pertanian, dan sekaligus mendoakan acara ditahun berikutnya lebih baik lagi.

Upacara Cingcowong

Upacara ini dulunya diadakan untuk melakukan ritual memanggil hujan yang biasanya dilakukan pada saat musim kemarau. Namun sekarang sudah bekembang menjadi pertunjukan seni dengan mengikuti perkembangan jaman.

Tari Buyung

Tarian ini memiliki kaitan erat dengan upacara Seren Taun, sebab tarian Buyung merupakan tarian utama dalam upacara Seren Taun yang menceritakan tentang gadis – gadis yang sedang mengambil air ke sungai.

Pesta Dadung

Pesta ini merupakan syukuran panen yang diadakan setiap bulan September. Dinamai Pesta Dadung karena media yang digunakan adalah Dadung atau tali pengikat leher sapi.

Selain yang telah dijabarkan secara ringkas di atas, masih banyak seni budaya asal Kabupaten Kuningan yang masih bisa kamu pelajari. Dan sebagai penerus bangsa, kita harus selalu menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada di negara kita ini agar tidak pudar tenggelam jaman.