Makanan Khas Kuningan, yang Wajib di Coba !!

Makanan Khas Kuningan

Kuningan terkenal dengan panorama alam yang indah, sehingga membuat banyak orang tertarik buat berwisata ke berbagai tempat wisatanya. Bukan hanya tempat yang diminati banyak orang, tapi kuliner makanan khas kuningan juga menjadi incaran banyak orang yang berkunjung kesana. Berikut ini makanan khas kuningan yang wajib dicoba:

10 Makanan Khas Kuningan

 

1. Nasi Kasreng

Makanan yang berisikan nasi, lalap taoge, taburan udang rebon dan ditambahkan lauk gorengan dan tidak ketinggalan salamba terasinya. Makanan ini sering dijadikan santapan di pagi hari bagi masyarakat kuningan. Makanan ini sering di juak di pinggir jalan.

 

2. Golono 

Makanan khas kuningan yang satu ini terkenal terbuat dari ampas. Mendengar kata ampas sebagai bahan makanan pasti sangat aneh. Ampas yang dimaksud yaitu ampas dari tahu yang dicampur bumbu-bumbu dan digoreng dan lularnya di balung dengan tepung. Golono ini juga sangat cocok sebagai lauk di saat memakan nasi Kasreng.

 

3. Kwecang Kuningan

Makanan khas kuningan ini sering dibilang kakak adik dengan bacang, hanya saja kwecang ini rasanya manis. Dibanding dengan bacang memiliki rasa gurih dan dilengkapi isi potongan sayur dan daging. Kwecang ini terbuat dari beras ketan dan di campur air apu lalu dibungkus bambu dan lebih nikmat lagi jika dicocolkan dengan gula pasir.

 

4. Kue Satu Kuningan

Makanan ini salah satu kue kering yang terkenal di kuningan. Bahan utama pembuatan kue ini yaitu kacang hijau yang disangrai lalu ditumbuk dan dicampurkan gula halus. Kemudian di cetak dengan cetakan kayu. Yang membuat kue ini berbeda dengan kue kering lainnya, kue ini di keringkan di bawah sinar matahari bukan dengan di goreng atau di bakar ataupun di oven.

 

5. Ketempling (Keripik Gemblong)

Keripik yang menjadi khas kuningan ini terbuat dari singkong yang di bentuk bulat tipis. Ketempling atau Keripik Gemblong ini mempunyai citra rasa yang gurih dan renyah. Rasa yang paling di sukai biasanya rasa oncom dan keripik ini sangat cocok dipadukan dengan makanan berkuah lainnya.

 

6.  Rujak Kangkung

Biasanya rujak terkenal dengan buah-buahan. Berbeda dengan makanan khas satu ini. Kanggung yang di padu dengan citra rasa pedas dan segar dengan campuran bumbu yang menhandung asam jawa. Makanan ini sering di jumpai di Kuningan terutama Kecamatan Cibingbin.

 

7. Papais Khas Kuningan

Salah satu makanan kuningan yang banyak di sukai. Dengan bahan utama dalam proses pembuatannya yaitu berasal dari beras ketan ataupun ketela pohon yang dibungkus daun pisang, yang berbentuk kerucut dan lainnya. Papais ini berisi parutan kelapa dan gula aren.

 

8. Peuyeum Ketan

Makanan khas Kuningan yang satu ini, terbuat dari darii ketan beras putih yang difermentasi dan berubah menjadi hijau saat matang. Cara pembuatannya dengan dibungkus daun jambu air lalu dibakar.

 

9. Jeniper Minuman Khas Kuningan

Jika mendengar kata minumanan khas Kuningan. Nama Jeniper selalu menjadi jawaban setiap orang. Jeniper merupakan singkatan Jeruk Nipis Peras. Dengan rasanya yang segar dan tanpa bahan pengawet. Minuman ini banyak dimanfaatkan untuk menjaga kekebalan dan kesehatan tubuh.

 

10. Opak Bakar Kuningan

Makanan khas kuningan ini adalah salah satu cemilan yang menjadi incaran banyak orang. Cemilan ini terbuat dari beras ketan dan kelapa yang dimasak dengan cara dipanggang. Dengan irisian yang sangat tipis sehingga memiliki rasa yang renyah. Cemilan yang cocok buat kalian yang tidak mau makan makanna berminyak.

 

Demikian 10 Makanan khas kuningan yang harus kamu coba jika kamu berwisata atau berkunjung ke kuningan. Selamat mencoba^_^