Membanggakan ! Desa Cibuntu Kuningan Terbaik Di ASEAN Dan Di Indonesia | Pinjaman online kuningan info
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Membanggakan ! Desa Cibuntu Kuningan Terbaik Di ASEAN Dan Di Indonesia

KNGInfo.com – Desa Cibuntu merupakan salah satu desa wisata terbaik di Jawa Barat yang meraih penghargaan di tingkat nasional. Desa Cibuntu juga pernah menjadi wakil indonesia untuk asia tenggara. Lokasi Desa Cibuntu sendiri berada di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Cibuntu dinobatkan menjadi desa wisata terbaik urutan ke lima di tingkat ASEAN pada tahun 2016 di bidang homestay.

Di tahun 2017 ini, Desa Cibuntu kembali terpilih menjadi desa wisata terbaik peringkat dua di indonesia. Dalam ajang Community Based Tourism ( CBT ), Kementrian Pariwisata Indonesia. Dengan begitu, secara otomatis Desa Cibuntu akan kembali mewakili indonesia di level ASEAN. Cibuntu sendiri memiliki puluhan homestay yang sangat bersih, wisata bumi perkemahan dan situs yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Letak desa cibuntu sendiri berada dikawasan lereng gunung ciremai yang merupakan gunung tertinggi di jawa barat. Sehingga para wisatawan dapat melihat pemandangan yang ada disekitar gunung ciremai. Berkeliling di desa cibuntu ini tidak akan membuat anda bosan, karena memang semuanya sudah diatur sedemikian rupa agar wisatawan tetap betah disini.

Lokasi perkemahan atau homestay di desa cibuntu via detik.com

Udara yang sejuk sudah menjadi ciri khas dari desa cibuntu, Tak hanya situs peninggalan zaman dulu, desa cibuntu juga memiliki sumber mata air yang diberi nama sumber kahuripan.

” Banyak yang belajar mengenai pengelolaan desa wisata kesini, dari Sulawesi, Solo, Yogya dan daerah lainnya. Ini desa wisata, bukan obyek wisata. Launching awal desa wisata ini pada tahun 2012 yang lalu,” Kata Kepala Desa Cibuntu Awan pada saat ditemui oleh tim detikcom di bumi perkemahan cibuntu, Kabupaten Kuningan, Jabar, Minggu (3/12/17).

Awam menjelaskan jumlah penduduk didesanya memang tidak terlalu banyak, hanya seribuan orang saja. Namun dirinya sangat bersyukur karena masyarakatnya sangat kompak untuk mewujudkan cibuntu sebagai desa wisata. Pembinaan terhadap masyarakat desa tentang sapta pesona wisata, menurut dia adalah salah satu hal yang penuh perjuangan.

Kolam renang yang ada di desa wisata cibuntu via detik.com

” Alhamdulillah kini masyarakatnya sadar akan sapta pesona tersebut. Utamanya kita memberikan kenyamanan, kebersihan, sopan dan yang lainnya. Setiap ada tamu, kita jamu tamu tersebut dengan tradisi kita. Biasanya tamu rombongan bus,” Tutur Awam.

Ia menceritakan gagasan awal menjadikan desa cibuntu sebagai desa wisata berawal dari penelitian tiga mahasiswa universitas trisakti. Dimana dari hasil penelitian tersebut, mahasiswa tersebut menyimpulkan bahwa desa cibuntu memiliki potensi yang sangat besar dibidang kepariwisataan.

” Kita langsung bergerak, waktu itu tahun 2011 dan 2012 kita launching. Disini, kandang domba itu tidak ada di perkampungan, masyarakat yang memiliki domba dipisahkan dan disatukan dilahan tersendiri. Kita atur semuanya, bina masyarakatnya,” lanjut Awam.

Sumber : news.detik.com