Menikmati Keindahan Kuningan Dari Atas Bukit Panembongan

KNGInfo.com – Bukit panembongan, salah satu objek wisata didaerah kuningan timur yang semakin hari semakin digemari. Tidak hanya oleh warga kuningan, akan tetapi banyak juga pengunjung yang berasal dari luar kota kuningan yang sengaja datang kesini. Tempat wisata bukit panembongan ini sebenarnya baru dibuka sekitar tahun 2016an oleh warga sekitar.

Dan setelah dibuka ternyata memang menyajikan keindahan alam kuningan dari atas ketinggian, sehingga akhirnya sampai saat ini banyak dibangun juga beberapa spot foto dan tempat beristirahat bagi para pengunjung. Keindahan bukit panembongan ini semakin meluas dengan banyaknya para pengunjung yang mengunggah foto/videonya di media sosial.

Untuk menuju kesini, anda yang berada dipusat kota kuningan tinggal menuju ke desa tembong didaerah garawangi. Perjalanan menuju daerah garawangi sekitar 5-10 km dari arah pusat kota kuningan. Setelah itu, dari jalan raya anda masuk lagi ke jalan yang menuju desa tembong.

Saran saya ketika sudah memasuki jalan desa tembong, anda lebih berhati-hati. Karena kontur jalannya yang berkelok dan nanjak mudun serta masih belum terlalu bagus.

Sesampainya disana, anda bisa memarkirkan kendaraan anda sebelum memasuki objek wisata. Tepatnya dipekarangan rumah warga dan kita hanya diminta uang parkir sekitar Rp. 2.000,-. Saat ini semakin banyak spot foto di bukit panembongan ini, salah satunya adalah tower guludug. Dimana kita akan menaiki bangunan yang terbuat dari bambu yang menyajikan pemandangan alam nan indah dikota kuningan.

Untuk harga tiket masuknya sekitar Rp. 5.000,- itupun tergantung kebijakan. Karena biasanya memasuki waktu libur panjang harga tiket masuk bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Selain ada spot foto, disini juga tersedia area untuk beristirahat dan makan serta area hamok dan prawedding. Tempat wisata bukit panembongan ini akan semakin ramai ketika memasuki sore hari dan juga waktu akhir pekan. Karena memang kebanyakan pengunjungnya lebih suka menghabiskan waktu mereka disini menjelang sore hari.

Rute Menuju Bukit Panembongan

Dari pusat kota kuningan :

Anda masuk ke Jl. Jendral Sudirman ( Awirarangan-Winduhaji-Lengkong ) – masuk ke Jl. Raya Garawangi – Sesampainya di masjid garawangi ada gang disebelah kanan menuju desa tembong – Anda maju terus mengikuti arah jalan sampai ke tempat wisata bukit panembongan.

Alamat Bukit Panembongan :

Desa Tembong

Garawangi

Kuningan, Jawa Barat. 45571