Menikmati Olahan Kwecang Makanan Khas Kuningan. Jawabarat

Menikmati Olahan Kwecang Makanan Khas Kuningan.

KNGinfo.com- Daerah kuningan Jawabarat merupakan daerah yang memiliki objek wisata alam yang banyak anda temui saat berada pada daerah Kuningan Jawabarat. Namun kuningan tak hanya kaya dengan wisata alam yang indah dan bagus. Kuningan juga memiliki kuliner khas yang dapat anda coba dengan kareteristik cita rasa yang khas untuk anda nikmati bersama keluarga dan teman-teman. Dan saat pada liburan nanti anda dapat menikmati makanan khas kuliner Kuningan ini sambil bersantai untuk menikmati hari libur anda bersama keluarga dan teman-teman anda. Anda dapat mencoba makanan olahan dari beras ketan yaitu kwecang makanan khas kuningan.

Bagi anda yang baru saja mengunjungi kota kuningan Jawabarat tidak salah nya anda mencoba kwecang khas kuningan ini. Olahan kwecang ini yang cukup unik dalam penyajian karena berbahan dasar dari beras ketan yang di lapisi oleh daun bambu membuat cita rasa yang unik dan nikmat. Sangat tepat untuk temen ngopi atau minum teh anda saat hari libur bersama keluarga dengan sajian kwecang di hadapan anda. Terlebih saat ini masa pandemi Covid-19 lebih baik anda untuk beraktivitas dalam rumah bersama keluarga agar terhindar dari penularan Covid-19.

Untuk anda yang ingin mencoba membuat Kwecang sambil mengisi hari libur nanti bersama keluarga dengan mencoba membuat olahan kwecang di rumah. Untuk resep dan bahan-bahan olahan kwecang yang dapat anda persiapkan Sebagai berikut.

Resep Kwecang Khas Kuningan.

Hal pertama yang harus anda persiapkan untuk memulai membuat olahan kwecang khas kuningan. Agar kwecang yang anda buat nanti dapat anda menikmati dengan cita rasa yang sama dengan rasa asli kwecang khas kuningan. Untuk bahan-bahan kwecang dapat anda temukan pada pasar tradisional pada sekitar daerah rumah anda.

BACA JUGA  Jeniper Minuman Jeruk Nipis Khas Kuningan

Bahan Dasar Kwecang Kuningan.

  • Beras Ketan yang telah anda cuci bersih. 500 Gram.
  • Air Khi atau air abu. 30 Mililiter.
  • Air Mineral. 500 Mililiter
  • Daun Bambu yang sudah anda cuci bersih dan rebus. 50 Lembar.
  • Tali Rafia untuk Pengikat bungkusan Kwecang.

Bahan Dasar Sirup Atau Kuah.

  • Gula Pasir. 500 Gram.
  • Air Mineral. 500 Mililiter.
  • Garam Setengah sendok makan.
  • Daun pandan. 2 lembar.
  • Daun jeruk purut yang telah anda buang tulangnya. 5 Lembar.

Cara Pembuatan Kwecang. Sebagai Berikut.

1. Untuk membuat sirup atau kuah. Anda dapat mencampukan semua bahan pembuatan sirup ke dalam wajan dan rebus dengan aoi kecil hingga mendidih dan sedikit mengental. Dan anda angkat lalu sisihkan ke wadah mangkok.

2. Untuk membuat kwecang. Rendam beras ketan yang telah anda bersihkan dengan air khi dengan waktu perendaman selama 6jam.

3. Setelah anda meremdam selama 6 jam anda dapat mentiriskan beras ketan dan membuang air rendaman.

4. Buat bentuk kerucut pada 2 lembar daun bambu dan anda isi dengan beras ketan lalu anda bungkus dengan rapat dan ikat agar tidak lepas.

5. Setelah anda selesai membungkus semua beras ketan pada daun bambu. Sediakan wajan dan isi air untuk anda memulai merebus selama 4 jam.

6. Dan setelah 4 jam perebusan anda dapat mentiriskan satu persatu bungkusan beras ketan.

7. Lalu buka bungkusan daun bambu. Maka kwecang siap untuk anda sajikan dan lumuri kwecang dengan sirup yang anda buat sebelumnyaa.

Kwecang khas kuningan selesai dan dapat anda sajikan untuk teman minum kopi dan minum teh pada pagi hari atau sore hari bersama keluarga dan teman-teman saat menikmati hari libur nanti. Bagi anda yang tidak ingin repot untuk membuat kwecang anda dapat membeli kwecang pada toko kue yang ada pada sekitar kuningan salah satu toko kue yang menyediakan kwecang khas kuningan ialah Toko Oleh-oleh Jelita Kuningan. Nomer Telepon (0232) 871747.

BACA JUGA  Mengenal Es Cendol Khas Jawa Barat

Itulah ulasan mengenai kwecang makanan khas kuningan dan cara membuat olahan kwecang yang dapat anda ikuti. Untuk mengisi hari libur nanti bersama keluarga dan teman-teamn anda di rumah. Untuk anda yang inginberkativiats luar rumah tetap patuhi protokol kesehatan agar dapat memutus mata rantai penularan Covid-19. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.