Menjelang Natal Dan Tahun Baru, Harga Cabai Di Wilayah Kuningan Terus Mengalami Kenaikan

KNGInfo.com – Menjelang natal yang masih beberapa pekan lagi, sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar tradisional kabupaten kuningan mengalami kenaikan. Seperti apa yang terpantau di pasar kepuh kuningan, sejumlah komoditas mengalami kenaikan bahkan hingga dua kali lipat dari harga normal. Cabai merah kini harganya mencapai Rp. 45.000 padahal harga normalnya hanya Rp. 20.000.

Begitujuga dengan harga cabai hijau, yang sebelumnya hanya Rp. 14.000 per kilogramnya kini menjadi Rp. 30.000 untuk per kilogramnya. Cabai rawit dari Rp. 15.000 menjadi Rp.25.000 per kilogramnya. Sedangkan harga bawang merah dan bawang putih kini harganya mencapai Rp. 25.000 per kilogramnya.

” Kenaikan harga sayuran ini sebagian besar dipengaruhi karena faktor cuaca yang kini memasuki musim hujan. Sehingga mengakibatkan banyak petani yang mengalami gagal panen. Seperti diketahui, seperti cabai, kol dan tomat kalau musim hujan hasilnya suka jelek dan gampang sekali membusuk,” kata ikin, salah satu pedagang sayuran di pasar kepuh kuningan.

Ikin mengatakan, karena hal tersebut mengakibatkan kiriman sayur seperti cabai, kol dan tomat dari kabupaten majalengka mengalami penurunan dari biasanya. ” akibatnya stok dipasaranpun terbatas, yang mengakibatkan harga tomat menjadi mahal daripada biasanya ,” ujar ikin.

Sementara itu, petugas pemantau pasar kepuh dinas perindustrian dan perdagangan ( disperindag ). Arisman menduga kenaikan harga sejumlah kebutuhan rumah tangga tersebut juga dipengaruhi faktor tingginya permintaan. Karena saat ini masih musim muludan, Seperti diketahui banyak masyarakat yang menjadikan momen muludan ini seperti hari besar yang disertai tradisi makan-makan.

Permintaan masyarakat terhadap cabai merah meningkat selama perayaan muludan ini. Sudah hasil panen berkurang karena faktor cuaca, ditambah lagi dengan meningkatnya permintaan masyarakat untuk kebutuhan muludan, otomatis harganya akan mengalami kenaikan. Ujar Arisman.

Namun demikian, kata arisman kondisi ini tidak berpengaruh terhadap beberapa kebutuhan pokok lainnya. Seperti gula pasir, minyak goreng, beras dan daging yang hingga saat ini harganya masih terpantau normal. Kecuali untuk komoditas telur dan daging ayam yang kini sudah naik dari Rp. 20.000 menjadi Rp. 23.000 untuk telur. Sedangkan untuk daging ayam dari harga Rp. 30.000 menjadi Rp. 31.000.

Sumber : radarcirebon.com