Menjelang Puasa, Baday Membersihkan Jalan Menuju TPU

KNGInfo.com – Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan, biasanya akan banyak sekali orang yang berziarah ke pemakaman. Tentu maksud dan tujuannya datang berziarah untuk memberikan doa kepada keluarga yang sudah meninggal. Akan tetapi, biasanya ketika akan berziarah ke pemakaman, akan banyak sekali rumput-rumput liar yang tumbuh. Baik itu tumbuh dijalanan menuju pemakaman tersebut atau memang tumbuh disekitar makam.

Hal tersebut yang terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gunung Luhur, yang berada di Desa Jambar Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan. Dimana disepanjang jalan yang akan menuju pemakaman, banyak sekali rumput-rumput liar yang tumbuh dijalanan tersebut. Tentu hal tersebut akan berbahaya bagi masyarakat yang akan berziarah ke makam keluarganya yang ada di TPU Gunung Luhur.

Dengan kondisi seperti itu, akhirnya menggerakan salah satu komunitas anak muda yang ada di Desa Jambar untuk melakukan pembersihan di jalanan menuju TPU Gunung Luhur. Komunitas tersebut bernama Baday “Barudak Dayeuh”, yang sudah terbentuk sejak tahun 2015 yang lalu. Dan sering aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan dan yang lainnya.

Gambar 1. Beberapa Anggota Baday setelah kegiatan Pembersihan Jalan TPU Gunung Luhur

Tepat beberapa hari yang lalu, beberapa anggota Baday melakukan pembersihan disepanjang jalan menuju TPU Gunung Luhur. Pembersihan jalanan tersebut juga langsung dikomandoi oleh Ketua Baday saudara Itang Agusman dan anggota yang lainnya.

Pembersihan tersebut berlangsung cukup lama, yakni sekitar 3 jam. Karena memang jalanan sudah cukup banyak ditumbuhi rumput-rumput ataupun pepohonan yang menghalangi jalan. Sehingga jika tidak segera dibersihkan, maka akan mengganggu masyarakat yang akan lewat jalan tersebut untuk ke pemakaman keluarganya. Baik untuk berziarah ataupun untuk sekedar membersihkan makam keluarganya tersebut.

Dengan pembersihan yang dilakukan oleh baday ini, Baday berharap masyarakat yang akan berziarah ke TPU Gunung Luhur merasa nyaman. Karena jalanan sudah bisa dilalui karena tidak ada lagi pepohonan ataupun rumput-rumput yang menghalangi jalan menuju TPU.