Mulai 29 Agustus 2019 – 11 September 2019, Operasi Patuh Lodaya Serentak Di Indonesia

KNGInfo.com –¬†Diinformasikan kepada baraya wargi kuningan dan sekitarnya, jika mulai 29 Agustus 2019 sampai dengan 11 September 2019. Akan digelar Operasi Patuh Lodaya 2019 yang digelar diseluruh Indonesia. Untuk itu, bagi baraya wargi kuningan yang sering mengendarai kendaraan bermotor. Baik itu kendaraan roda dua ataupun roda empat untuk selalu patuh terhadap peraturan lalu lintas.

Dan selain itu, untuk selalu melengkapi kelengkapan apapun saat berkendara dijalan raya. Dimana dalam operasi patuh lodaya 2019 ini, ada 8 pelanggaran yang menjadi fokus road safety. Diantaranya adalah :

1. Tidak Menggunakan Helm

Untuk baraya yang menggunakan sepeda motor, diharapkan untuk menggunakan helm. Baik pengendara ataupun yang dibonceng sangat diharuskan untuk memakai helm demi keselamatan dalam berkendara. Tidak ada alasan apapun yang membenarkan berkendara tidak menggunakan helm.

2. Dilarang Melawan Arus

Pelanggaran melawan arus ini biasanya dilakukan oleh pengendara roda dua ataupun roda empat. Yang enggan untuk memutar lebih jauh, dengan alasan melawan arus lebih cepat ke tempat tujuan. Tentu hal ini juga tidak dibenarkan untuk dilakukan karena dapat membahayakan.

3. Dilarang Menggunakan HP Saat Berkendara

Tentu hal ini sangat dilarang dilakukan, karena dapat membuat konsentrasi dalam berkendara menjadi buyar. Akan lebih baik jika akan menerima panggilan ataupu membaca pesan whatsapp yang bersifat penting. Lebih baik menepi terlebih dahulu dibahu jalan, setelah itu barulah anda kembali melanjutkan perjalanan.

4. Berkendara Dibawah Pengaruh Alkohol

Hal ini jelas sangat-sangat dilarang untuk dilakukan. Pasalnya jika dalam pengaruh alkohol tentu akan membahayakan diri anda dan juga orang lain jika memaksakan untuk berkendara.

5. Dilarang Melebihi Batas Kecepatan

Jangan sampai dijalan perkotaan ataupun pedesaan anda memacu kendaraan melebihi batas kecepatan yang diperbolehkan. Berikut kisaran kecepatan yang diperbolehkan :

  • 80 Km/Jam : Dalam kondisi jalan antar perkotaan.
  • 50 Km/Jam : Untuk dikawasan perkotaan.
  • 30 Km/Jam : Khusus dikawasan pemukiman.

6. Dilarang Berkendara Dibawah Umur

Hal tersebut berlaku bagi anak yang masih dibawah umur, baik berkendara roda dua ataupun roda empat. Akan lebih baik jika ke sekolah naik kendaraan umum ataupun diantar jemput oleh kedua orang tuanya.

7. Wajib Menggunakan SafetyBelt

Ini diperuntukkan untuk baraya yang menggunakan kendaraan roda empat. Safetybelt harus selalu digunakan karena untuk menjaga keselamatan anda jika sampai terjadi benturan ataupun kecelakaan.

8. Dilarang Menggunakan Lampu Rotator/Sterobo

Tidak diperkenankan untuk menggunakan lampu rotator ataupun sterobo. Karena lampu tersebut sudah ada peruntukannya berdasarkan kepada UU No. 22 Tahun 2019 tentang LLAJ.

Itulah beberapa fokus utama dalam Operasi Patuh Lodaya 2019 yang akan digelar diseluruh Indonesia. Dimana Operasi Patuh Lodaya tersebut mulai digelar pada tanggal 29 Agustus 2019 sampai dengan tanggal 11 September 2019. Untuk itu bagi para pengendara kendaraan bermotor untuk selalu melengkapi surat-surat kendaraan bermotornya dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku.

Lebih sayang mana, Nyawa atau Kendaraan ? Kalau mimin sih sayang sama nyawa jadi harus tertib dalam berlalu lintas.

Gambar : Dialogpublik