Nikmati Berenang Bareng Ikan Keramat Di Objek Wisata Cibulan

KNGInfo.com – Objek wisata cibulan yang diresmikan pada 27 agustus 1939 sampai saat ini masih eksis dan semakin ramai dikunjungi wisatawan. Baik itu wisatawan lokal ataupun wisatawan luar kabupaten kuningan yang sengaja datang ke cibulan.

Objek wisata cibulan ini menyajikan wisata berenang dengan ikan keramat bagi para pengunjungnya. Di cibulan terdapat dua kolam besar yang berukuran 35 m x 15 m dan juga ukuran 45 m x 15 m. Dimana kolam yang berukuran 45 m x 15 m dibagi menjadi dua bagian kolam. Dimana bagian kolam pertama kedalaman 60 cm dan bagian kedua kedalaman 120 cm.

Fasilitasnyapun cukup kumplit, dimana menyediakan tempat ganti pakaian, 6 buah kamar kecil dan 2 buah kamar mandi untuk bilas. Dan yang terbaru ada tempat panah serta spot foto berbentuk love ( hati ).

Berenang dengan ikan keramat

Uniknya objek wisata cibulan ini, pengunjung bisa berenang dengan puluhan ikan yang menghuni kolam cibulan. Ikan tersebut adalah kancra bodas atau warga sekitar menyebutnya dengan ikan dewa. Ikan dewa ini berukuran cukup besar dan oleh masyarakat sekitar ikan ini dikeramatkan. Karena dipercaya memiliki atau keistimewaan tertentu.

Yang saya dengan, ikan tersebut menghilang dengan sendirinya apabila kolam sedang dibersihkan. Dan datang kembali ke kolam setelah kolam tersebut dibersihkan.

7 Sumur

Selain bisa berenang dengan ikan dewa, pengunjung juga dapat menikmati 7 sumber mata air keramat yang ada di cibulan. Dimana tujuh sumur tersebut memiliki kolam kecil yang masing-masing diberi nama berbeda. Berikut nama-nama dari tujuh sumur tersebut :

  1. Sumur kejayaan.
  2. Sumur Kemulyaan.
  3. Sumur pengabulan.
  4. Sumur cirancana.
  5. Sumur cisadane.
  6. Sumur kemudahan.
  7. Sumur keselamatan.

Tujuh sumur dan petilasan prabu siliwangi tersebut selalu ramai dikunjungi oleh peziarah. Terlebih lagi pada malam jum’at kliwon atau bulan maulud dalam penanggalan hijriah. Karena dipercaya akan memberikan berkah. Anehnya walaupun musim kemarau, air dari tujuh sumur ini tetap mengalir dan bening serta menyegarkan.

Tarif dan Waktu :

Untuk tarifnya relatif murah, karena dengan hanya mengeluarkan uang Rp. 15.000,- untuk dewasa dan Rp. 12.000,- untuk anak-anak. Untuk waktu bukanya setiap hari mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Untuk harga sendiri bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola objek wisata cibulan.