Pagi Tadi, Kuningan Diguncang Gempa

KNGInfo.com – Pagi tadi sekitar Pukul 08.56 WIB Kabupaten Kuningan diguncang gempa dengan kekuatan 2,9 SR. Dimana guncangan tersebut sempat membuat beberapa warga yang sedang beraktivitas merasa khawatir. Pasalnya guncangan gempa yang terjadi tersebut, dirasakan cukup kuat serta berlangsung cukup lama. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari akun instagram @infobmkg, gempa yang terjadi tersebut berada di 17 KM Tenggara Kabupaten Kuningan.

Gempa Bumi Tektonik yang berkekuatan 2,9 SR tersebut tidak berpotensi tsunami karena berada didarat. Berdasarkan Analisis dari BMKG, bahwa gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 7,1 LS  – 108,59 BT. Atau lebih tepatnya berada didarat pada jarak 17 KM tenggara Kuningan, Jawa Barat. Dimana kedalaman gempanya sendiri berada pada 13 KM.

Jika dilihat dari epicentrum dan kedalaman hiposenternya tampak jika gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal. Gempa bumi dangkal ini terjadi akibat dari adanya aktivitas sesar lokal wilayah setempat. Jika dilihat dari gambar dibawah ini, gempa bumi ini dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kuningan dengan intensitas II – III MMI, namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang ditimbulkan karena gempa tersebut.

gempa bumi kuningan

Gambar 1. Pemetaan Gempa Bumi 2,9 SR di Kabupaten Kuningan

Hingga berita ini diturunkan, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat Kabupaten Kuningan dan sekitarnya, diharapkan untuk tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG. Karena BMKG akan terus melakukan pemantauan perkembangan dari gempa bumi tersebut.

Pastikan jika informasi resmi gempa bumi dengan skala kurang dari 5 hanya bersumber dari BMKG. Yang disebarluaskan melalui akun resmi website bmkg dan kanal-kanal akun media sosial lainnya seperti :

  • @bmkg_kertajati
  • @infobmkg
  • @bmkg