Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kuningan 2018

KNGInfo.com – Tepat hari minggu ini tanggal 7 Januari 2018 merupakan jadwal terakhir. Pengumuman pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati kuningan tahun 2018. Dimana pada pilkada kuningan kali ini tidak diikuti oleh bakal paslon perseorangan. Karena pada tahapan penyerahan dukungan bakal paslon perseorangan dengan jadwal 25 – 29 November 2017. Tidak terdapat bapaslon perseorangan yang menyerahkan dukungan kepada KPU Kabupaten Kuningan.

Pilkada Kuningan tahun 2018 hanya akan diikuti oleh bapaslon yang diajukan oleh parpol maupun gabungan parpol yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Kuningan. Sosialisasi informasi kepada para pemangku kepentingan termasuk kepada seluruh parpol di Kabupaten Kuningan telah dilakukan lebih dari tiga kali pertemuan. Titik tekan sosialisasi berkenaan dengan syarat calon dan pencalonan yang harus dipenuhi pada tahapan pendaftaran.

Dalam tahapan sosialisasi, juga disampaikan Perbawaslu No. 10 Tahun 2017 oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Kuningan. Tentang pengawasan pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan atau walikota dan wakil walikota. Mekanisme pemeriksaan oleh IDI, Himpsi dan juga Badan Narkotika Nasional ( BNN ).

Sesuai dengan peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan atau walikota dan wakil walikota. Tahapan pendaftaran bapaslon yakni  8 -10 Januari 2018. Pada tanggal 8 – 9 Januari 2018 pendaftaran dilayani mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB dan pada tanggal 10 Januari 2018 pendaftaran dilayani mulai pukul 08.00 – 24.00 WIB. Yang bertempat di kantor KPU Kabupaten Kuningan.

Dalam rangka persiapan tahapan pendaftaran, KPU Kabupaten Kuningan telah melakukan koordinasi dengan jajaran kepolisian dan TNI. Yakni Polres Kuningan dan Dandim 0615 Kuningan. Tempat dan fasilitas pendaftaran terus dilakukan hingga hari ini, untuk memastikan pelayanan yang optimal. Guna menyambut para bapaslon dan rombongan.

Secara teknis, mengingat keterbatasan tempat maka jumlah orang yang diperkenankan masuk ke ruang pendaftaran. Yakni Aula KPU Kabupaten Kuningan dibatasi hanya 30 orang saja. Penerimaan awal di halaman kantor, para bapaslon diberikan waktu untuk menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan ke Kantor KPU Kabupaten Kuningan serta diperkenankan untuk menampilkan semacam atraksi seni budaya. Durasi waktu yang disediakan total 30 menit untuk hal tersebut.

Kedatangan bapaslon akan disambut oleh jajaran omisioner kpu kabupaten kuningan serta ketua dan anggota panwaslu kabupaten kuningan. Penyerahan berkas dilakukan di aula dan akan dilayani oleh sekretariat KPU Kabupaten Kuningan didampingi oleh sekretariat Panwaslu Kabupaten Kuningan. Selama tahapan pendaftaran, PPK dan Panwascam se-kabupaten kuningan diundang untuk hadir langsung di Kantor KPU Kabupaten Kuningan. Dukungan personil keamanan juga dioptimalkan untuk mengawal tahapan tersebut.

Sumber : Facebook Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati