Pendaftaran KIP Kuliah 2021 Sudah Di Buka | Indonesia

Pendaftaran KIP Kuliah 2021 Sudah Di Buka

KNGinfo.com- Pendaftaran KIP Kuliah 2021 Sudah Di Buka. Mewujudkan merdeka belajar untuk peserta didik Indonesia. Yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi Negeri dan Swasta. Dengan hal itu Puslapdidk Kemendikbud memberikan kesempatan terhadap peserta didik memelalui Program KIP.Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

Kartu Indonesai Pintar, Bertujuan Sebagai ?

Pengganti program beasiswa Bidik Misi. Program ini terkhusus untuk peserta didik yang memiliki keluarga dengan ekonomi rendah. Namun memilki kemampuan pada bidang pendidikan sehingga dengan adanya program ini. Perserta didik tersebut mendapatkan kesempatan. Untuk melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi. Sehingga dapat berkontribusi baik untuk perubahan bangsa dan memperbaiki taraf ekonomi keluarga masing-masing.

Prgram ini yang lebih kamu kenal dengan KIP Kuliah. Yang bertujuan sebagai pemerataan akses pendidikan tinggi serta mendukung program merdeka belajar. Program ini juga berlandaskan pada UU No.12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan yang mengamanatkan ” Kepada Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan keterjangkauan dan pemerataan yang berkeadilan dalam memperoleh pendidikan tinggi yang bermutu. Dan relevan dengan kepentingan masyarakat bagi kemajuan kemandirian dan kesejahteraan”.

Untuk itu bagi kamu peserta didik yang akan lulus atau sudah lulus pada 2 tahun sebelumnya. Serta ingin melanjutkan pendidikan pada kejenjang perguruan tinggi kamu dapat mendaftarakan sebagai peserta penerima KIP Kuliah. Berdasarkan data yang kami peroleh pemerintah pada tahun 2021 akan menyalurkan dan memberikan kesempatan bagi penerima KIP Kuliah sebanyak 200.000 penerima. Untuk itu ambil kesempatan ini dan terus lanjutkan pendidikan agar dapa berkontribusi terhadap perubahan. Sebelum mendaftarkan KIP untuk kamu ketahui dulu persyaratan wajib. Sebagai penerima KIP Kuliah sebagai berikut.

Syarat Penerima Program KIP Kuliah 2021.

  • Penerima merupakan peserta didik yang berasal dari tingkat pendidikan SMA/SMK yang akan lulus atau telah lulus pada 2 tahun sebelumnya. Bagi kamu yang lulus pad atahun 2019 masih memiliki kesempatan untuk mendaftarkan.
  • Memiliki potensi pada bidang pendidikan dengan baik. Yang dapat kamu buktikan dengan hasil belajar. Dan peserta penerima berasal dari kelurga dalam ketegori berekonomi rendah. Yang dapat kamu buktikan sebagai pemegang Kartu Keluarga Harapan atau Kartu Keluarga Sejahtera. Dan dokumen lainya sebagai bukti keluarga yang berkategori ekonomi rendah.
  • Telah lulus pada tahapan seleksi penerimaan PTN atau PTS yang terakreditasi.
BACA JUGA  Team Porda Kabupaten Kuningan Ambil Bagian Dalam Turnamen Piala Garuda U-21

Setelah kamu mengetahui dan memahami persyaratan. Sebagai penerima KIP Kuliah maka selanjutnya melakukan pendafataran. Yang dapat kamu lakukan secara online dengan tata cara sebagai berikut.

Tata Cara Pendaftaran KIP Kuliah 2021.

Pendaftaran ini dapat kamu lakukan secara personal. Agar data kamu dapat terintegrasi dengan perguran tinggi pilihan kamu. Sebagai tahapan pendaftaran sebagai berikut.

  • Pertama kamu akan mengakses portal resmi pendataran melalui alamat ini: kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau kamu bisa melakukan pendaftaran melalui layanan mobile yang dapat kamu temukan pada layanan Playstore dan install aplikasi KIP Kuliah.
  • Setelah masuk pada halaman pendaftaran harap masukkan data kepesertaan didik kamu yang valid. Sertakan email untuk sistem dapat mengirimkan NOMER PENDAFTARAN dan KODE AKSES.
  • Saat Nomer pendaftaran dan kode akses kamu dapatkan. Selesaikan pendaftaran dan sertakan PILIHAN SELEKSI PENERIMAAN PERGURUAN TINGGI yang Kamu IKUTI.
  • Dan selanjutnya bagi kamu yang telah berhasil keterima pada tahapan seleksi penerimaan perguruan tinggi. Maka pihak Perguruan Tinggi akan melajutkan proses verifikasi lanjut atas data kamu sebagai calon penerima KIP Kuliah.
  • Untuk Kamu yang terkedala dan kesulitan saat melakukan pendaftaran. Untuk menggunakan layanan bantuan pada Kolom HELPDESK pada sistem. Serta kamu dapat mengirim email pengaduan memlalui alamat ( [email protected] ). Atau melalui media sosial Instagram @Puslapdik_dikbud.

Penutup.

Demikian ulasan terkait. Pendaftaran KIP Kuliah 2021 Sudah Di Buka. Segera lakukan pendaftara bagi peserta didik yang akan melunjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Agar dapat berkontribusi akan perubahan bangsa dan mengubah taraf ekonomi keluarga masing- masing. Ambil kesempatan pada program ini untuk mewujudkan mimpi kamu. Semoga bermanfaaat dan terimakasih.