Pendakian Gunung Ciremai Telah Dibuka Kembali | Pinjaman online kuningan info

Pendakian Gunung Ciremai Telah Dibuka Kembali

KNGInfo.com – Mungkin berita ini merupakan salah satu berita yang paling ditunggu-tunggu oleh baraya yang senang mendaki Gunung Ciremai. Pasalnya mulai tanggal 28 Desember 2019 Pendakian di Gunung Ciremai resmi kembali dibuka. Pendakian Gunung Ciremai yang dibuka ialah melalui Jalur Apuy, Palutungan dan Linggasana. Sedangkan untuk jalur pendakian melalui Linggajati masih ditutup.

Untuk baraya yang akan mendaki Gunung Ciremai, wajib melakukan booking di website Balai Taman Nasional Gunung Ciremai melalui menu Pendakian Gunung. Selain itu, para pendaki juga diharuskan melakukan booking pada H-1 sebelum melakukan pendakian.

Setelah baraya melakukan proses booking, pastikan baraya yang akan mendaki memperoleh kode booking dan kode kapling tenda di Transit Camp (TC). Baraya yang akan mendaki tidak diperkenankan untuk datang langsung ke Base Camp (BC) tanpa melakukan proses booking terlebih dahulu.

Berikut beberapa hal yang harus baraya perhatikan jika ingin mendaki Gunung Ciremai :

Jumlah Rombongan Pendaki

Untuk jumlah rombongan pendaki minimal 4 orang dan maksimal berjumlah 10 orang. Jika kurang dari 4 orang, baraya harus menggenapinya. Sedangkan jika rombongan melebihi 10 orang, maka harus melakukan lebih dari satu kali proses booking.

Proses Transfer

Melakukan transfer tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp. 5000,- per orang setiap pendakian ke rekening Bendahara Penerimaan Negara (BPN) Balai Taman Nasional Gunung Ciremai sebagaimana yang tercantum dalam formulir pendaftaran online. Sedangkan untuk tarif jasa wisata bisa baraya bayarkan ketika di Base Camp.

Durasi Pendakian

Untuk durasi pendakiannya sendiri yakni 2 hari 1 malam. Dan apabila baraya melebihi durasi pendakian yang sudah ditentukan, maka akan dikenakan sanksi hukum.

Selain beberapa hal diatas yang perlu dilakukan sebelum mendaki Gunung Ciremai. Baraya juga harus datang ke Base Camp pada hari H pendakian sesuai dengan konfirmasi jadwal pendakian. Boarding naik pendakian dimulai pada pukul 7 hingga pukul 11 siang.

Baraya juga diharuskan untuk mengikuti sesi “Safety Talk” atau arahan peraturan dan larangan dari petugas di Base Camp. Serta membawa surat keterangan sehat dari dokter tertanggal hari H pendakian ataupun melakukan cek kesehatan oleh dokter di Base Camp.

Jangan Lupa Ini…

Jangan melupakan perlengkapan dan logistik yang mencukupi untuk pendakian 2 hari 1 malam. Misalnya saja membawa tenda dengan kapasitas 6 orang ataupun tenda dengan kapasitas 4 orang. Membawa sleeping bag, jaket, sepatu, pakaian ganti, senter, alat masak, makanan dan minuman yang mencukupi kebutuhan selama pendakian.

Untuk perlengkapan dan logistik yang dibawa para pendaki nantinya akan diperiksa kembali oleh petugas. Saat proses boarding naik dan turun di Base Camp.

Semua aktivitas yang dilakukan diluar ketentuan yang sudah ditentukan, diharapkan untuk melakukan pengajuan permohonan tertulis kepada pihak Balai Taman Nasional Gunung Ciremai.

Selamat Mendaki dan bawa kembali sampah yang dihasilkan ketika mendaki Gunung Ciremai..