Pengisian HAC pada Website untuk anda yang hendak Berpergian

Pengisian HAC pada Website

Diera waspada pandemi saat ini, kesehatan selalu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Untuk itu, kewaspadaan kesehatan harus diutamakan buat para pengunjung yang akan berpergian. Pada artikel sebelumnya sudah membahas membahas pengisian HAC melalui aplikasi eHAC Indonesia.

Dan pada artikel kali ini akan membahas pengisian HAC pada web tanpa harus menginstall aplikasi pada ponsel anda. Cara ini juga mudah dan tidak jauh berbeda dengan pengisian melalui aplikasi.

Anda hanya perlu mengunjungi website yang telah disediakan dan mengisi form-form yang ada pada web tersebut. Berikut cara pengisian HAC pada web:

Pengisian HAC pada Web

  1. Kunjungi website yang telah di sediakan melalui link https://inahac.kemkes.go.id
  2. Klik tombol “Get Started”
  3. Kemudian Pilih Sign Up untuk memulai pendaftaran dengan mengisi e-mail dan password anda.
  4. Pilih tombol “Domestik” (bagi anda yang berkunjung antar kota) atau pilih tombol “Foreign” (buat anda yang berkunjung dari luar negeri).
  5. Selanjutnya akan muncul form untuk pengisian data eHAC yang berisi data pribadi dan lokasi tujuan. Isi dengan benar dan jika sudah diisi klik “Next”
  6. Kemudian isi form kedua yang meliputi data daerah asal, jika sudah diisi klik “Next”
  7. Lalu isi Form selanjutnya yang meliputi form deklarasi kesehatan.
  8. Selanjutnya Isi gejala kesehatan yang Anda alami dengan benar dan jujur. Apabila tidak merasakan gejala kosongkan , selanjutnya klik “next”
  9. Langkah berikutnya anda akan diminta untuk menyatakan kebenaran informasi yang telah diisikan pada form-form tersebut. Apabila masih ragu, anda bisa kembali memeriksa form yang telah diisi dengan mengklik tombol “Previous”.
  10. Kemudia, jika informasi yang anda isi sudah sesuai, tandai check box persetujuan dan klik tombol “Finish” yang ada pada bagian bawah form, untuk mengirim data serta menampilkan HAC yang dibuat.
  11. Apabila HAC yang dibuat berhasil, maka akan muncul tampilan pada layar perangkat pemberitahuan, bahwa HAC berhasil dibua.
  12. Terakhir Pilih tombol download HAC anda, maka sesuai bahasa pengantar yang anda inginkan untuk mencetak HAC yang dibuat dan kemudian anda perlihatkan kepada petugas di tempat pemeriksaan, atau Anda dapat mendownload dan menyimpannya ke ponsel untuk memudahkan membawanya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selalu jaga kesehatan anda. Terimakasih!

 

Artikel lainnya: