Pengumuman Pelayanan Samsat Terkait Libur Natal 2019

KNGInfo.com – Informasi terkait pelayanan samsat kuningan dan sekitarnya karena Libur Natal tahun 2019. Bahwasanya, menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Indonesia Nomor : 617 Tahun 2018 dan Nomor : 16 Tahun 2018 Tanggal 2 November 2018.

Tentang hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2019, bersama ini disampaikan hal-hal berikut :

1. Hari Selasa Tanggal 24 Desember 2019 adalah Libur Cuti Bersama Hari Raya Natal.

2. Pada Hari Rabu Tanggal 25 Desember 2019 adalah Hari Raya Natal.

3. Hari libur yang terdapat pada point 1 dan point 2, berlaku untuk seluruh layanan samsat induk dan samsat outlet. Pelayanan E-Samsat tetap berjalan sebagaimana mestinya. Dan dalam rangka Optimalisasi Pendapatan Daerah, pada hari libur yang terdapat di point 1 dan point 2 sentra-sentra layanan samsat dapat memberikan layanan pada wajib pajak. Setelah berkoordinasi dengan mitra kepolisian, PT Jasa Raharja dan Bank BJB Setempat.

4. Pada Hari Kamis Tanggal 26 Desember 2019 Pelayanan Samsat Outlet dan layanan Samsat lainnya, kembali melaksanakan pelayanan sebagaimana mestinya.

5. Untuk mengantisipasi terjadinya keterlambatan pendaftaran oleh Wajib Pajak yang melakukan proses pembayaran PKB Tahunan. Proses pengesahan STNK Tahunan dan penggantian STNK, maka menetapka sanksi administratif ditetapkan sebagai berikut :

Jatuh Tempo PKB

Gambar 1. Sanksi Administratif

Keterangan :

  • Tanda Ceklis adalah tanggal tidak dikenakan sanksi administratif.
  • Sampai dengan tanggal 30 Desember 2019 masih akan berlangsung program pembebasan Denda PKB Tahun 2019.

Untuk itu, harap diperhatikan perihal informasi layanan Samsat tersebut pada hari Libur Natal tahun 2019. Selain itu, bagi baraya yang akan membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) masih dapat menikmati program bebas denda yang dilakukan oleh Bapenda Jawa Barat sampai dengan tanggal 30 Desember 2019.