Perhatikan Tips Menjaga Gigi Susu Anak Berikut Ini

KNGInfo.com – Memiliki keturunan ataupun memiliki seorang anak tentu menjadi impian setiap pasangan suami istri. Setelah memiliki keturunan tentu hal yang paling membahagiakan ialah bisa melihat tumbuh kembang anak secara langsung. Termasuk salah satunya ialah dalam hal menjaga gigi susu anak ataupun menjaga gigi pertama dari anak anda. Karena bagaimanapun, pertumbuhan anak baik ataupun buruknya tetap ada peran penting dari orang tua.

Melihat ataupun menjaga tumbuh kembang anak sejak dini merupakan salah satu peran penting dari kedua orangtua. Bahkan tidak hanya kedua orang tuanya saja yang memiliki peran untuk hal tersebut, keluarga terdekatpun sama pentingnya. Karena biasanya jika tidak bersama kedua orang tuanya, anak balita akan ikut diurus oleh keluarga terdekatnya.

Dalam hal pertumbuhan gigi susu anak, biasanya akan terjadi setelah usianya memasuki umur 6 bulan ataupun lebih. Dimana pada usia tersebut, gigi pertama akan tumbuh secara berpasangan yang dimulai dari gigi seri bawah dan atas hingga jumlahnya mencapai 4 buah. Setelah itu, pertumbuhan dan juga jumlah giginya akan terus bertambah seiring dengan pertambahan usia dari bayi tersebut.

tips menjaga gigi susu anak

Akan tetapi, ketika pertumbuhan gigi susu anak sedang tumbuh. Tentu ada beberapa hal yang sangat harus dijaga oleh kedua orang tuanya agar pertumbuhan gigi susu anaknya berjalan dengan sempurna. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan untuk menjaga pertumbuhan gigi susu anak :

  • Sebelum gigi susu tersebut benar-benar tumbuh, anda sebagai orang tua diwajibkan untuk melakukan pembersihan terhadap gusi bayi. Terutama ketika bayi anda baru saja selesai makan. Gunakanlah lap yang bersih, lembut dan agak basah ketika akan membersihkan gusi anak anda.
  • Dalam hal melakukan pembersihan gusi bayi tersebut, sebaiknya anda lakukan ketika selesai makan ataupun sebelum bayi tersebut tidur.
  • Jika ingin mengenalkan sikat gigi pada saat gigi pertamanya muncul, berikan saja sikat gigi yang lembut. Setelah itu sikat gigi tersebut hanya perlu dibasahi sedikit saja oleh air dan masih belum terlalu wajib menggunakan pasta gigi.
  • Ketika giginya sudah muncul, dampingi anak untuk menyikat gigi dengan sedikit menambahkan pasta gigi. Dan beritahukan untuk rutin menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari.
  • Setelah itu, untuk memastikan bahwa pertumbuhan gigi susu anak anda benar-benar baik. Periksakan ke dokter gigi agar bisa terlihat pertumbuhan gigi susunya sampai sejauh mana.
  • Bimbinglah untuk selalu makan makanan yang sehat dan tentunya tidak memiliki resiko. Resiko dalam artian bahwa makanan tersebut bisa merusak tumbuh kembang gigi susu anak anda.

Mungkin itulah beberapa tips yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk menjaga pertumbuhan gigi susu anak anda. Tentu anda juga bisa menambahkan beberapa tips lainnya atas sepengetahuan dokter gigi. Jangan sampai anda menjadi orang yang paling mengerti akan hal tersebut. Karena bisa jadi hal tersebut membuat pertumbuhan gigi susu anak anda menjadi terhambat.

Ingat ! Jangan terlalu cemas ketika gigi susu anak anda mulai tumbuh ketika berusia 3 sampai dengan 6 bulan. Biasanya pertumbuhan awal dari gigi susu anak anda berbeda-beda macamnya. Ada yang merasakan nyeri yang luar biasa ketika giginya mulai tumbuh, bahkan ada juga yang mengaitkan tumbuh gigi susunya dengan sakit diare ataupun demam.

Hal tersebut sangatlah lumrah apalagi terjadi kepada anak pertama dari pasangan yang baru saja menikah. Tentu mereka masih kurang pengetahuannya terkait bagaimana tumbuh kembang gigi susu pada anak. Oleh sebab itu, tips diatas harus diingat dan dipraktikan kepada anak anda. Agar gigi susunya tumbuh dan terawat dengan baik agar tidak terjadi yang namanya sakit gigi ataupun hal yang lainnya.