Prakiraan Awal Musim Hujan Tahun 2018/2019 Diwilayah Kabupaten Kuningan

KNGInfo.com – Musim hujan merupakan salah satu musim yang ditunggu oleh masyarakat. Karena bagaimanapun, dengan hadirnya musim hujan cuaca dilingkungan sekitar menjadi lebih sejuk. Dan juga perkebunan ataupun pertanian yang dikelola warga bisa berjalan normal dengan hadirnya musim hujan. Mereka yang bertani menjadi tidak perlu khawatir akan terjadinya kekeringan dan kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Saat ini, beberapa wilayah di indonesia sedang mengalami musim kemarau termasuk wilayah Kabupaten Kuningan. Namun, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi Majalengka baru saja membuat prakiraan awal musim hujan. Prakiraan awal musim hujan pada tahun 2018/2019 untuk wilayah Kabupaten Kuningan dan sekitarnya.

Berikut informasi yang didapat dari akun instagram @BMKG_Jatiwangi berdasarkan infografis yang mimin lihat :

1. Kabupaten Kuningan sendiri memiliki dua sifat musim hujan, yakni BN dan N. Untuk Zona Musim 91 dan Zona Musim 92 sifatnya BN (Bawah Normal). Sedangkan untuk Zona Musim 90 dan Zona Musim 95 sifatnya N (Normal). Dimana prakiraan perbandingan awal musim hujan 2018/2019 mundur 1 dasarian (10 hari) dibandingkan dengan waktu normalnya.

2. Rincian awal musim hujan diwilayah kabupaten kuningan :

  • Zona Musim 91 yang meliputi kecamatan : Pasawahan, Mandirancan, Cilimus, Jalaksana, Kramatmulya dan Cigugur jatuh pada bulan November Dasarian II (Tanggal 11 sampai dengan tanggal 20).
  • Zona Musim 92 yang meliputi kecamatan : Cigandamekar dan Japara jatuh pada bulan November Dasarian III (Tanggal 21 sampai dengan akhir bulan).
  • Zona Musim 90 yang meliputi kecamatan : Darma, Kuningan Kota, Garawangi, Ciniru, Hantara, Selajambe, Maleber, Ciwaru dan Cilebak jatuh pada bulan November Dasarian I (Tanggal 1 sampai dengan tanggal 10).
  • Zona Musim 95 yang meliputi kecamatan : Ciawigebang, Kalimanggis, Cidahu, Lebakwangi, Luragung, Cibereum, Karangkancana dan Cibingbin jatuh pada bulan November Dasarian II (Tanggal 11 sampai dengan tanggal 20).

Guna menyambut datangnya musim hujan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  1. Selalu menjaga kesehatan, lingkungan sekitar rumah anda seperti saluran air dan pembuangan sampah. Agar tidak terjadi penyumbatan aliran air yang bisa mengakibatkan banjir.
  2. Periksa selalu atap rumah anda dari kebocoran.
  3. Selalu menyediakan perlengkapan seperti payung ataupun jas hujan bagi pengendara sepeda motor.
  4. Sedangkan bagi anda yang gemar bercocok tanam, silahkan atur pola tanam agar hasil yang didapat bisa maksimal.