Praktis! Perubahan Kelas BPJS Kesehatan Tidak Sulit | Pinjaman online kuningan info

Praktis! Perubahan Kelas BPJS Kesehatan Tidak Sulit

KNGInfo.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan secara resmi akan menaikan tarif iurannya pada tahun 2020 mendatang. Tentu dengan kenaikan tarif iuran perbulannya, dilakukan agar anggarannya tidak sampai defisit. Namun demikian, dengan kenaikan tarif tersebut, akan banyak masyarakat pengguna BPJS Kesehatan merasa keberatan dan melakukan perubahan kelas.

Perubahan kelas dilakukan tentu agar pengeluaran untuk membayar iuran BPJS Kesehatan tidak sampai membengkak. Terlebih lagi bagi masyarakat yang memang penghasilan perbulannya tidak terlalu besar. Namun demikian, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi ketika akan melakukan perubahan kelas. Dan berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan dalam perubahan kelas BPJS Kesehatan :

1. Perubahan kelas BPJS Kesehatan ini hanya berlaku bagi peserta yang telah terdaftar sebelum 1 Januari 2020.

2. Perawatan kelas perawatan dapat turun dua tingkat dari kelas perawatan sebelumnya. Misalnya baraya sebelumnya menggunakan kelas perawatan kelas 1 bisa langsung turun menggunakan kelas perawatan kelas 3.

3. Kesempatan untuk perubahan ataupun penurunan kelas perawatan hanya diberikan satu kali dalam periode 9 Desember 2019 sampai dengan 30 April 2020.

4. Diberlakukan bagi 1 keluarga yang sudah terdaftar.

5. Bagi peserta yang menunggak iuran tetap dapat mengajukan perubahan turun kelas. Namun status kepesertaan masih dalam kondisi tidak aktif sampai tunggakan iuran dibayarkan.

Diatas merupakan syarat dan ketentuan dalam hal perubahan kelas status kepesertaan BPJS Kesehatan. Harap diperhatikan point-point tersebut terutama perihal kesempatan perubahan kelas dan perubahan ini hanya berlaku bagi peserta yang sudah terdaftar menjadi peserta sebelum 1 Januari 2020.

Untuk baraya yang menunggak iuran BPJS Kesehatan, jika ingin statusnya masih bisa dipergunakan. Diharapkan untuk membayar tunggakan iurannya terlebih dahulu. Meskipun memang untuk mengajukan status perubahan kelas masih bisa baraya lakukan.

Jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan langsung melalui kolom komentar. Ataupun bisa menghubungi call centre BPJS Kesehatan di no 1500400 atau mention twitter @BPJSKesehatanRI.