Berbagai Produk Pinjaman Uang Tunai di Pengadaian

Produk Pinjaman Uang Tunai di Pengadaian

Pengadaian merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang penyalur kredit untuk masyarakat pada lini bisnis perusahaan, yaitu pembiayaan, emas, dan aneka jasa lainnya.

Pengadaian juga menyediakan berbagai jenis produk pinjaman dana yang bisa diakses oleh masyarakat. Pengadaian memiliki 6 produk. Saat membutuhkan dana segar dari pengadaian berikut ini penjelasannya:

5 Produk Pinjaman Dana Tunai di Pegadaian

 

1. Kredit Cepat Aman (KCA)

KCA merupakan pinjaman yang diberikan kepada semua nasabah dengan sistem gadai yang tergolong sangat fleksibel. Sebab dapat digunakan untuk kebutuhan konsumtif seperti berbelanja atau produktif seperti usaha.

Dalam pinjaman ini hanya perlu membawa aset pribadi yang dijadikan angunan, seperti mobil, emas, motor, laptop dan barang elektronik lainnya.

Persyaratan pengajuan KCA:

  • Fotokopi KTP atau identitas resmi lainnya.
  • Barang jaminan berupa perhiasan, kendaraan bermotor, elektronik, atau barang gudang.
  • Jika jaminan berupa kendaraan bermotor, diperlukan BPKB dan STNK asli.
  • Nasabah menandatangani surat bukti kredit atau SBK.

Produk ini dikenakan bunga atau sewa modal sebesar 0,75  per 15 hari, dan  akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2 ribu-Rp 125 ribu.

.

2. Kreasi (Kredit Angsuran Sistem Fidusia)

Kreasi merupakan produk pinjaman yang ditawarkan kepada pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dengan sistem fidusia. Sistem ini dapat dilakukan dengan menggunakan surat BPKB kendaraan bermotor, sehingga kendaraan masih dapat dipergunakan untuk kegiatan usaha.

Produk ini hanya membutuhkan waktu tiga hari, dan dana akan segera cair. Pinjaman yang dapat diperoleh mulai dari Rp1 juta sampai Rp200 juta, maksimal bisa mencapai Rp400 juta. Jangka pinjaman bisa memilih 12 bulan sampai 36 bulan.

Persyaratan pengajuan Kreasi:

  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal selama satu tahun.
  • Fotokopi KTP, kartu keluarga, dan surat nikah (bila sudah menikah).
  • Menyerahkan dokumen kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian).

 

3. Krasida (Kredit Angsuran dengan Sistem Gadai)

Seperti produk Kreasi, Krasida merupakan produk pinjaman yang ditujukan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Agunan yang dapat diberikan berupa kendaraan bermotor ataupun perhiasan emas.

Pinjaman yang di dapat dari produk ini mulai dari Rp1 juta sampai Rp5 miliar  dan angka waktu pinjaman bisa dipilih selama 6-36 bulan. Tarif sewa modal atau bunga yang diberikan cukup rendah, yakni  1,25% per bulan.

Persyaratan pengajuan Kresida:

  • Fotokopi KTP dan kartu keluarga.
  • Menyerahkan barang jaminan seperti perhiasan emas atau kendaraan bermotor.
  • Jika agunan berupa kendaraan bermotor, perlu disertakan pula dokumen kepemilikan, berupa BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian.

 

4. Rahn

Rahn merupakan produk gadai syariah, dengan mengunakan jaminan berupa emas perhiasan, berlian, emas batangan, ponsel, laptop, barang elektronik, mobil, motor, dan barang bergerak lain.

Produk ini memerlukan waktu selama 15 menit untuk mencairkan dana. Pinjaman yang didapat dari produk ini mulai dari Rp50 ribu sampai Rp500 juta, dan maksimal bisa mencapai Rp800 juta. Jangka waktu pinjaman produk ini selama empat bulan dan dapat diperpanjang.

Persyaratan pengajuan Rahn:

a. Fotokopi KTP

b. Memiliki barang jaminan

c. Untuk agunan kendaraan bermotor, membawa BPKB dan STNK asli.

d. Nasabah menandatangani Surat Bukti Rahn (SBR)

 

5. KCA Prima

KCA Prima merupakan produk yang ditujukan untuk yang membutuhkan dana dalam jumlah tak terlalu besar dalam jangka waktu hingga 60 hari dengan bunga 0% dalam jangka waktu hingga 60 hari dan dapat diperpanjang.

Dana pinjaman yang ditawarkan, mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribu. Contoh yang dapat digadaikan yaitu laptop dengan taksiran harga Rp 1,2 juta, dan maksimal pinjaman hingga Rp 500 ribu. Adapun biaya yang perlu dibayar adalah biaya administrasi transaksi sebesar Rp 5 ribu.

Persyaratan pengajuan KCA Prima:

  • KTP yang terdata di Dukcapil (Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil) atau e-KTP.
  • Nasabah dalam satu kartu keluarga hanya dapat memperoleh satu kali periode kredit.

 

Banyaknya cara untuk mencari pinjaman dana. Pengadaian salah satu cara yang cepat dan dan mudah. Anda dapat memilih produk pinjaman mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.