Ragam Batik Jawa Barat

  • 2 min read
  • Jul 17, 2021
Ragam Batik Jawa Barat

KNGInfo.com – Salah satu warisan berharga dari nenek moyang yang dimiliki Indonesia adalah Batik. Sebagian besar provinsi dan daerahnya memiliki ciri khas batik sendiri, tak terkecuali dengan provinsi Jawa Barat. Untuk melestarikannya kita pun harus meneruskan pengetahuan akan ragam batik yang ada di Indonesia agar tidak terlupakan oleh generasi selanjutnya. Seperti pada postingan kali ini yang akan membahas ragam batik Jawa Barat. Berikut ulasan selengkapnya.

Ragam Batik Wilayah Jawa Barat

Jawa Barat memiliki ragam batik dengan ciri khas berwarna merah dan meski belum setenar batik Jawa Tengah namun nyatanya para wisatawan menyukai batik Jawa Barat yang mana memiliki motif batik sendiri. Sedikitnya ada 300 pengusaha pengrajin batik yang ada pada wilayah Jawa dan telah tersebar pada 23 kota dan kabupaten, mulai dari Kuningan, Indramayu, Garut hingga Cirebon. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Batik Kuningan

Kuningan memiliki batik dengan ciri khas dan motif yang berbeda dari wilayah lainnya. Perbedaannya terletak pada motif yang cenderung cerah dan bertema fauna khas Kuningan, yakni Kuda Kuningan dan Ikan Dewa. Meski harga batik terkenal tinggi, tapi wisatawan tetap bisa memiliki batik khas Kuningan dengan harga yang bersahabat dengan kantongnya.

2. Batik Indramayu

Selain Kuningan, Indramayu juga menjadi wilayah penyumbang pengrajin batik yang mana batiknya sendiri memiliki ciri khas berwarna cerah seperti warna biru indigo, merah mengkudu, coklat kemerahan dengan latar berwarna cream. Ciri khas lainnya adalah komposisi warna yang kontras antara warna motif utama dengan warna latar. Dan karena motif batik Indramayu berasal dari daerah pesisir, maka  temanya pun seperti alam pesisir, yakni ikan, udang, daun, bunga, akar dan burung.

3. Batik Cirebon

Selanjutnya ada batik Cirebon dengan motif yang sangat banyak, salah satunya yang paling terkenal adalah batik Megamendung. Motifnya yang sangat unik menjadi daya tariknya, seperti Singa Payung  Pakainya Liman, Patean Keris, Singa Barong, Megamendung dan lainnya.

4. Batik Garut

Ada juga batik Garut yang menjadi salah satu batik unggulan Jawa Barat dan memiliki pusat sentra di Daerah Kampung Sisir dan jalan Papandayan. Batiknya memiliki ciri khas bersifat naturalis dengan motif flora dan fauna. Batik Garut juga merupakan perpaduan dari batik Solo, Jogja, Indramayu, Pekalongan dan Cirebon. Sehingga dengan begitulah, masyarakat Garut mengolah motifnya sesuai dengan gaya dan selera yang bervariasi seperti lereng adumanis, lereng duduk, lereng calung dan lereng daun.

Itulah beberapa raham batik Jawa Barat yang perlu kita lestarikan. Selain beberapa batik yang kita bahas tersebut, masih banyak batik lainnya yang menjadi ciri khas Jawa Barat dan mungkin kita bisa membahasnya di lain kesempatan.

BACA JUGA  Perpanjangan Masa Berlaku PPKM Pada Setiap Wilayah Indonesia
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *