Rampung Pada Bulan Mei 2019, Lihatlah Megahnya Bendungan Kuningan

KNGInfo.com – Proyek pembangunan Bendungan Kuningan milik Kementrian PUPR yang digarap kerjasama Operasi antara PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Bersama dengan PT Brantas Abipraya (Persero). Dimana berdasarkan informasi yang diperoleh dari laman finance detik. Hingga bulan februari 2019 ini proyek Bendungan Kuningan telah mencapai progres 96% dari target penyelesaian yang dibebankan.

Sedangkan berdasarkan kontrak, rencananya Bendungan Kuningan ini memang akan selesai pada Bulan Mei 2019. Dimana nantinya, Bendungan Kuningan ini akan mampu menampung air 25,9 juta meter kubik air. Yang akan membantu proses irigari 3.000 hektar sawah pada dua wilayah. Yakni wilayah Cileuweung di Kabupaten Kuningan (1.000 hektar dan wilayah Jangkelok di Kabupaten Brebes seluas 2.000 hektar).

Gambar Penampakan Area Bendungan Kuningan, Jawa Barat.

Sedangkan menurut manajer proyek Bendungan Kuningan, Ngatemin yang akrab disapa Emin. Menuturkan bahwa saat ini tim proyek tengah fokus kepada pekerjaan bangunan diatas maindam yang berupa pekerjaan jalan. Fasilitas penunjang berupa pagar parapet, lampu penerangan, landscaping dan juga rumah dinas jaga. Selain itu, saat ini area genangan dalam sedang dalam proses pembebasan dan relokasi warga.

Bendungan Kuningan sendiri merupakan satu dari 65 bendungan yang akan selesai ditahun 2019 ini. Dimana dalam pembangunannya, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementrian PUPR menunjuk KSO-WIKA Brantas.

Sesuai dengan kontrak yang bernilai Rp. 491,42 miliar. WIKA sendiri memiliki porsi sebesar 51% sedangkan Brantas memiliki porsi sebesar 49%. Pekerjaan utama dari KSO-WIKA Brantas meliputi tubuh bendungan kuningan. Saluran pengelak, saluran pelimpah, bangunan pengambilan, dan juga PLTA mikrohidro.

Sumber : Pool PT Wijaya Karya Tbk dan Detik Finance