Rekomendasi Tempat Wisata Pilihan Di Kuningan Jawa Barat

KNGInfo.com – Kabupaten Kuningan yang merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Merupakan salah satu kabupaten yang kaya akan potensi wisata alamnya. Dimana disetiap daerah hampir memiliki beberapa tempat wisata dengan pemandangan alam kuningan yang menakjubkan. Terlebih lagi, saat ini Pemprov Jawa Barat sendiri akan menggelontorkan dana puluhan miliar untuk pembangunan beberapa destinasi wisata di Kabupaten Kuningan. Destinasi wisata yang akan ditata kembali diantaranya ialah Objek Wisata Waduk Darma dan Kebun Raya Kuningan.

Jelas dengan semakin banyaknya tempat wisata yang menarik di Kuningan, akan membuat banyak wisatawan semakin tertarik untuk berkunjung ke Kuningan. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata pilihan di Kabupaten Kuningan, yang mungkin saja bisa anda jadikan sebagai referensi. Ketika anda akan berlibur bersama sahabat, teman ataupun keluarga di Kuningan.

Kuningan Selatan dan Sekitarnya

1. Objek Wisata Waduk Darma

Objek Wisata Waduk Darma merupakan salah satu tempat wisata yang legendaris dan terletak di kawasan kuningan timur. Lebih tepatnya di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan. Di Waduk Darma ini, anda bisa menikmati keindahan waduk bersama sanak keluarga. Selain itu, fasilitasnya juga sudah cukup baik mulai dari fasilitas toilet, fasilitas joglo untuk anda beristirahat dan juga fasilitas lainnya.

Bahkan saat ini, waduk darma sudah dilengkapi dengan spot foto instagramable. Yang tentu hal ini akan sangat diburu kalangan milenial untuk mengabadikan momen liburan di Objek Wisata Waduk Darma.

Lokasi :

Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

Harga Tiket Masuk :

Sekitar Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 20.000,-

2. Situ Wulukut

Objek Wisata Situ Wulukut ini merupakan Objek Wisata yang berada dikawasan Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang. Situ Wulukut atau banyak juga yang menyebutnya sebagai Ranukumbolonya Kuningan ini memang menyajikan pemandangan yang mirip dengan Ranukumbolo. Awalnya di situ wulukut ini memang belum terlalu terawat, karena fasilitasnya yang kurang dan juga jalan menuju situ wulukut bisa dikatakan sangat buruk.

Akan tetapi, karena cukup banyaknya wisatawan yang akhirnya berkunjung kesini. Maka berbagai akses jalan dan fasilitas di situ wulukut diperbaiki. Bahkan kini, sudah ada fasilitas toilet, jalanan yang sudah cukup baik, dan juga spot foto yang instagramable. Karena memang spot foto yang menarik ini memang selalu menjadi incaran wisatawan ketika berkunjung ke sebuah tempat wisata.

Lokasi :

Desa Jagara, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan.

Harga Tiket Masuk :

Sekitar Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 20.000,-

3. Objek Wisata Balong Keramat Darmaloka

Buat anda yang menyukai wisata yang berbau mistis ataupun religi, rasanya anda bisa mengunjungi objek wisata darmaloka ini. Dimana objek wisata darmaloka ini lokasinya masih berada diwilayah Kecamatan Darma. Ditempat wisata darmaloka ini, terdapat tiga buah mata air. Diantaranya adalah balong benteur, balong cibinuang dan juga balong cilengkeng. Yang kesemuanya berasal dari Situ Sanghiang Telaga.

Pemandangan yang ada di balong keramat darmaloka ini masih sangat alami. Dimana konon katanya balong keramat darmaloka ini merupakan sisa peninggalan penyebaraan Agama Islam di Kabupaten Kuningan. Bisanya pengunjung ataupun peziarah yang datang ke balong keramat melakukan ritual mandi pada malam jumat kliwon. Yang konon katanya agar mendapatkan berkah dan rezeki atau sekedar untuk menjernihkan pikiran.

Lokasi :

Desa Darma, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

Harga Tiket Masuk :

Sekitar Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 20.000,-

Kuningan Barat dan Sekitarnya

1. Sukageuri View Cisantana

Untuk anda yang suka dengan suasana pemandangan alam kabupaten kuningan. Bisa datang ke Sukageuri View, yang berada diwilayah Desa Cisantana. Disini anda bisa berswafoto dengan latar pemandangan alam kabupaten kuningan dari ketinggian.

Dimana untuk bisa masuk ke area Sukageuri View Cisantana ini, anda harus sediakan budget kurang lebih Rp. 15.000,- itu belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan roda dua ataupun roda empat.

2. Taman Cisantana

Diwilayah Desa Cisantana ini, anda akan bisa menikmati beragam tempat wisata. Karena memang disini seperti surganya tempat wisata alam. Ditaman cisantana ini, anda juga akan bisa menikmati beragam wahana yang telah disediakan. Untuk biaya masuknya sediakan saja budget Rp. 15.000,- atau lebih untuk bisa bermain dan berswafoto di taman cisantana.

3. Bumi Perkemahan Palutungan

Untuk anda yang menyukai bermalam diperkemahan, bisa juga bermalam dibawah kaki gunung ciremai. Tepatnya dibumi perkemahan palutungan. Dimana lokasinya sendiri cukup luas, tersedia toilet dan mushola yang cukup luas. Serta banyak warung-warung juga, yang tentu bisa memudahkan anda dalam mencari makanan ketika sedang berkemah dibumi perkemahan palutungan.

Selain itu, terdapat beberapa wahana lainnya juga yang bisa anda coba diarea bumi perkemahan palutungan. Diantaranya adalah flying fox dan wahana lainnya. Budgetnya sendiri untuk menginap, sewa tenda ataupun sewa perlengkapan lainnya yang disediakan pihak pengelola. Sediakan saja budget diatas Rp. 100.000,-.

4. Curug Putri Palutungan

Bagi anda yang menyukai wisata air, bisa juga menikmati kesegaran di curug putri palutungan. Dimana curug ini memang berada dikawasan bumi perkemahan palutungan. Airnya cukup jernih dan tentunya menyegarkan sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata air.

5. Bumi Perkemahan Ipukan

Dilokasi atau wilayah palutungan ini, selain ada bumi perkemahan palutungan ada juga bumi perkemahan ipukan. Lokasinya tidak begitu jauh, areanya juga cukup luas. Bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin merasakan sensasi berkemah tepat dibawah kaki gunung ciremai. Gunung tertinggi di Jawa Barat dengan beragam keindahan yang bisa anda nikmati bersama teman, sahabat atau keluarga.

6. Starcamp Ipukan

Masih diarea ipukan, ada juga starcamp ipukan yang menawarkan sensasi berbeda ketika anda berkemah. Dimana di starcamp ipukan ini, sudah disediakan tenda lengkap dengan bantal dan juga selimut yang sudah bisa anda gunakan. Nantinya dilokasi ini juga anda bisa menyaksikan langsung matahari terbit dan juga tenggelam. Fasilitasya juga cukup kumplit karena terdapat toilet dan juga musholla.

7. Rumah Makan Pondok Pinus Palutungan

Meskipun namanya Rumah Makan, namun disini juga menyediakan spot foto yang cukup menarik. Bahkan banyak pengunjung yang datang kesini hanya ingin berfoto. Rumak Makan Pondok Pinus memang menyajikan tempat yang cukup menarik karena terdapat beberapa spot foto dan wahana yang bisa pengunjung coba. Untuk bisa masuk kesini anda cukup membeli tiket masuk dan menukarkannya dengan minuman ataupun makanan.

Kuningan Utara dan Sekitarnya

1. Objek Wisata Linggarjati Kuningan

Salah satu lokasi wisata yang menjadi ciri khas dan sudah terkenal di kabupaten kuningan adalah Objek Wisata Gedung Perundingan Linggarjati. Dimana lokasi ini merupakan saksi bisu perjuangan para pahlawan untuk memerdekakan Negara Indonesia. Kini bisa anda nikmati, dimana disini anda bisa melihat bagaimana awal mulanya perundingan linggarjati.

Selain itu juga dengan halaman yang luas, banyak pengunjung yang membawa bekal makanan untuk “botram” bersama keluarga setelah selesai dengan wisata pengetahuan disini.

2. Ghiffari Valey

Setelah perjalanan jauh dan kesibukan lainnya, anda dan keluarga bisa memanjakan diri di Ghiffari Valey. Disini anda bisa menikmati beragam makanan, sambil mencelupkan kaki anda kekolam. Maksudnya ialah untuk terapi ikan agar pori-pori kulit anda yang mati bisa terangkat karena digigit ikan-ikan kecil.

Selain itu, disini juga tersedia beberapa wisata lainnya yang baru saja diresmikan. Contohnya saja terdapat bukit teletubies dan yang lainnya yang tentunya bisa anda nikmati ketika berkunjung ke Ghiffari Valey ini.

Kuningan Timur dan Sekitarnya

1. Kolam Renang Tirta Agung Mas Luragung

Bagi anda yang berasal dari wilayah kuningan timur dan sekitarnya dan ingin mengajak sanak saudara anda untuk berenang. Bisa ke tirta agung mas, dimana selain tersedia kolam renang yang cukup luas dan beragam wahana lainnya. Disini juga anda bisa menikmati wahana dengan menaiki ATV. Sangat pas untuk anda yang berasal dari wilayah luragung dan sekitarnya, karena lokasinya yang sangat dekat.

Mungkin itulah beberapa lokasi tempat wisata yang ada diwilayah Kabupaten Kuningan dan sekitarnya yang bisa anda nikmati. Silahkan yang mau berbagi informasi bisa share tulisan ini ataupun menambahkan lokasi lainnya dikolom komentar.