Saatnya Berqurban Dengan Mudah Melalui Dompet Dhuafa

KNGInfo.com – Hari Raya Idul Adha atau kebanyakan orang menyebutnya hari raya idul qurban adalah hari raya yang ditunggu-tunggu umat muslim diseluruh dunia. Disebut Idul Qurban karena pada hari itu Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Dimana untuk umat muslim yang belum mampu melaksanakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berqurban.

Yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketaqwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT. Berbicara mengenai idul qurban jelas tidak terlepas dari hewan yang akan diqurbankan. Di Indonesia sendiri sudah umum ditemukan jika masyarakat yang berqurban menggunakan hewan Domba ( Kambing ) Ataupun Sapi.

Hewan yang dipilih untuk diqurbankan jelas haruslah hewan yang memang benar-benar sudah bisa diqurbankan. Baik itu dari segi kesehatannya, usianya dan juga hal lainnya, karena bagaimanapun hewan qurban yang nantinya disembelih tersebut akan disebarluaskan kepada masyarakat kurang mampu. Atau disebarkan ke kaum dhuafa yang mana mereka jarang merasakan nikmatnya daging hewan qurban.

Bahkan berdasarkan data yang dihimpun dari dompet dhuafa, masih banyak masyarakat di beberapa wilayah di Indonesia. Yang setiap hari raya idul adha ( hari raya idul qurban ) belum pernah menerima atau mendapatkan daging hewan qurban. Guna menyebarkan hewan qurban ke beberapa wilayah yang memang masih kekurangan hewan qurban, dompet dhuafa akan menyebarkan kurang lebih 246 hewan qurban ke beberapa wilayah di jawa barat dan sekitarnya.

Sekilas Mengenai Peternakan dan Perkebunan Milik Dompet Dhuafa

Pada hari Selasa, 7 Agustus 2018 kemarin saya dan rekan-rekan lainnya berkesempatan untuk mengunjungi perkebunan dan peternakan milik dari Dompet Dhuafa. Perkebunan dan Peternakan milik Dompet Dhuafa ini berada di Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang, Jawa Barat. Untuk luas kebun yang dimiliki dompet dhuafa dengan tagar “Indonesia Berdaya” memiliki luas lebih dari 10 hektare. Dimana untuk perkebunannya sendiri ditanami buah naga, buah nanas dan juga buah jambu biji.

Sedangkan untuk peternakannya sendiri lebih ke peternakan Domba. Domba yang dikelola disini nantinya untuk dijual dan disebarkan langsung oleh pihak dompet dhuafa. Untuk penyebarannya sendiri ke berbagai wilayah yang memang kekurangan hewan qurban. Di Peternakan milik Dompet Dhuafa ini tersedia 3 kandang dengan jumlah domba sekitar 240 ekor. Tiap kandangnya sendiri berisi 80 ekor domba dengan beragam kepemilikan.

  • Kandang Pembibitan : Diisi 6 ekor domba jantan dan 74 ekor domba betina.
  • Kandang Penggemukan pertama : Diisi 80 ekor domba, dengan kepemilikan atas nama warga yang berinvestasi dan bermitra dengan Dompet Dhuafa.
  • Kandang Penggemukan kedua : Diisi 80 ekor domba, dengan kepemilikan atas nama petani nanas yang berinvestai dan bermitra dengan Dompet Dhuafa.

Untuk pakannya sendiri, menggunakan campuran dari jerami, kulit nanas dan menggunakan komponen lainnya. Sebelum pakan tersebut diberikan kepada domba, terlebih dahulu difermentasi selama kurang lebih 3 hari untuk membuat zat dan yang lainnya bercampur secara merata.

Domba-domba yang dipelihara di peternakan dompet dhuafa ini nantinya untuk dijual dan diqurbankan. Jelas ini merupakan salah satu keuntungan yang anda peroleh jika membeli hewan qurban di peternakan domba dompet dhuafa. Anda tinggal membeli hewan qurban sesuai dengan yang anda inginkan, dan selanjutnya pihak dari dompet dhuafa akan menyalurkan hewan qurban yang anda qurbankan. Cukup mudah dan simpel bukan ? Terlebih lagi hewan qurban yang disediakan oleh pihak dompet dhuafa sendiri terjamin kualitasnya, baik kesehatannya dan hal lainnya.

Berikut adalah kriteria hewan qurban yang dijual di dompet dhuafa :

  • Kambing Standar : Rp. 1.975.000/ekor dengan berat antara 23-28kg.
  • Kambing Premium : Rp. 2.975.000/ekor dengan berat 29-35kg.

Untuk cara berqurban di Kurbanesia Dompet Dhuafa ini, anda tinggal KLIK TOMBOL INI dan anda akan diarahkan ke home page kurbanesia membentang kebaikan. Setelah itu anda tinggal pilih tombol KURBAN SEKARANG, lalu pilih hewan qurban yang akan anda qurbankan. Jika sudah memilih hewan qurban, anda selanjutnya tinggal memilih metode pembayaran yang akan dilakukan. Jika sudah melakukan pembayaran, selanjutnya anda diminta untuk konfirmasi pembayaran dengan menekan tombol KONFIRMASI KURBAN.

#KurbanDikitaAja #SocioTripKurbanesia2018 #MembentangKebaikan