Satpas Online Yang Mempermudah Pembuatan Dan Perpanjangan SIM

KNGInfo.com – Kabar baik dan gembira ini mungkin tidak hanya bagi warga kuningan saja, akan tetapi semua warga masyarakat di indonesia. Mengapa ? karena kini warga yang ingin memperpanjang SIM, baik itu SIM A SIM C ataupun jenis SIM lainnya tidak perlu repot-repot mendatangi polres setempat. Dimana anda tinggal pada saat ini, karena mulai saat ini memperpanjang SIM bisa secara online.

Pasalnya saat ini sudah tersedia lebih dari 200 satpas online ( tempat untuk memperpanjang SIM secara online ). Termasuk salah satunya terdapat di kabupaten kuningan yakni di Polres Kuningan. Kabar tersebut diperoleh langsung dari akun resmi polres kuningan, yang menyatakan bahwa polres kuningan kini bisa melayani satpas online.

SIM Online ini nantinya akan terhubung dengan jaringan satpas yang ada diseluruh indonesia. Anda selaku pemohom SIM dapat membuat SIM baru ataupun perpanjangan SIM disemua satpas yang telah online. Tentunya tanpa terikat dengan KTP domisili dimana anda tinggal dialamat yang tertera didalam KTP anda.

Nantinya pemohon hanya tinggal mendaftar melalui website resmi korlantas polri di www.korlantas.polri.go.id. Setelah membuka halaman tersebut, pemohon SIM diharuskan untuk mengisi file yang tersedia. Setelah berhasil mengisi formulir tersebut, pemohon akan mendapatkan nomor antrian dan waktu untuk melakukan tes SIM baru. Sedangkan perpanjangan SIM bisa dilakukan pada saat itu juga.

Pembayarannya sendiri bisa dilakukan di teller di SATPAS SIM dan juga tersedia mesin EDC. Sehingga masyarakat bisa melakukan pembayaran secara debet. Bisa juga melakukan pembayaran melalui bank ataupun melalui ATM BRI. Berikut ini adalah biaya resmi yang dikeluarkan oleh korlantas polri untuk PNBP ( Penerimaan Negara Bukan Pajak ). Untuk penerbitan SIM baru dan juga perpanjangan sim :

  • SIM A : Baru ( Rp. 120.000,- ), dan Perpanjangan ( Rp. 80.000,- ).
  • SIM C : Baru ( Rp. 100.000,- ), dan Perpanjangan ( Rp. 75.000,- ).
  • SIM B1 : Baru ( Rp. 120.000,- ), dan Perpanjangan ( Rp. 80.000,- ).
  • SIM B2 : Baru ( Rp. 120.000,- ), dan Perpanjangan ( Rp.80.000,- ).
  • SIM C1 : Baru ( Rp. 100.000,- ), dan Perpanjangan ( Rp. 75.000,- ).
  • SIM C2 : Baru ( Rp. 100.000,- ), dan Perpanjangan ( Rp. 75.000,- ).
  • SIM D : Baru ( Rp. 50.000,- ), dan Perpanjangan ( Rp. 30.000,- ).
  • SIM D1 : Baru ( Rp. 50.000,- ), dan Perpanjangan ( Rp. 30.000,- ).
  • SIM Internasional : Baru ( Rp. 250.000,- ), dan Perpanjangan ( Rp. 225.000,- ).

Itulah beberapa biaya yang harus anda keluarkan ketika akan memperpanjang sim di satpas online. Baik pembuatan SIM baru ataupun perpanjangan SIM yang lama. Sekedar mengingatkan, pembuatan satpas online kini sudah tersedia di Polres Kuningan Jl. RE Martadinata No. 526, Ancaran, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan Jawa Barat.