Sedang Mencari Rumah Murah? Coba Dengan Aplikasi Ini | Pinjaman online kuningan info

Sedang Mencari Rumah Murah? Coba Dengan Aplikasi Ini

Gatcha.orgSedang Mencari Rumah Murah? Coba Dengan Aplikasi Ini – Setiap orang pasti menginginkan hunian tempat tinggal sendiri, sehingga tak heran jika saat ini banyak orang yang berburu rumah bersubsidi dengan harga yang lebih terjangkau. Sayangnya, ditengah masa pandemi saat ini, akses mencari rumah pun cukup sulit. Namun, jangan khawatir karena pemerintah telah menyediakan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan informasi seputar rumah bersubsidi yang masih tersedia. Berikut ulasan selengkapnya.

Rumah Bersubsidi

Guna mengatasi backlog dalam penyediaan rumah gunaan bagi masyarakat menengah ke bawah. Pemerintah pun terus mendorong pembiayaan rumah bersubsidi melalui FLPP atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan dan hal ini juga karena adanya peningkatan pada kebutuhan masyarakat terhadap rumah yang memiliki harga terjangkau.

Untuk mengecek informasi mengenai rumah bersubsidi baik lokasi. Harga hingga transaksi pembeliannya, Kementerian PUPR atau Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pun telah menyediakan tiga platform online yaitu:

  1. Pertama, melalui situs resmi Kementerian PUPR di rumahsubsidi.pu.go.id.
  2. Kedua, melalui situs SiKumbang atau Sistem Informasi Kumpulan Pengembang yang dikelola PPDPP atau Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR di sikumbang.ppdpp.id.
  3. Ketiga, melalui aplikasi SiKasep atau Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan yang bisa kita unduh di Playstore.

Cara Mendapatkan Informasi Mengenai Rumah Bersubsidi

Adapun cara untuk mengakses ketiganya adalah sebagai berikut:

1. Situs Rumah Subsidi

Laman resmi milik Kementerian PUPR ini menyajikan informasi mengenai ketersediaan rumah bersubsidi pada wilayah Indonesia. Mulai dari lokasi, data luas bangunan, luas tanah, tipe rumah, jumlah kamar hingga nama pengembang. Para pengembang pun bisa mengakses situs ini untuk memasukkan data perumahan bersubsidinya. Dan untuk mengaksesnya kita hanya perlu memasukkan kategori perumahan yang diinginkan terutama lokasi provinsi dan kabupatennya pada kolom yang telah tersedia.

BACA JUGA  Pengajuan Kredit Usaha Rakyat Online

2. Situs SiKumbang

Situs satu ini tidak hanya menyediakan informasi perumahan bersubsidi tapi juga perumahan komersil. Pada halaman awal kita akan melihat opsi untuk memilih lokasi, provinsi, kecamatan, kabupaten, asosiasi dan tombol pencarian. Dengan begitu kita akan mendapatkan lokasi perumahan, unit subsidi dan komersil yang tersedia, kebutuhan unit serta jumlah unit yang kamu inginkan. Dan dengan klik Lihat Detail Lokasiā€ maka kamu bisa melihat foto rumah beserta detail, lokasi hingga spesifikasi rumah. Kamu juga akan mendapatkan alamat dan kontak Kantor Pemasaran Pengembang.

3. Aplikasi SiKasep

aplikasi sikasep

Berbeda dari situs Rumah Subsidi dan Sikumbang, selain memberikan informasi lengkap mengenai rumah subsidi, aplikasi ini juha memfasilitasi pengajuan pinjaman KPR bersubsidi. Dan cara menggunakannya pun sangat mudah, yakni:

  • Daftar terlebih dahulu sebagai pengguna SiKasep dengan klik menu daftar pada halaman awal.
  • Selanjutnya isi data diri mulai dari nama lengkap, kata sandi yang akan kamu gunakan, nomor KTP, nomor NPWP bagi yang memiliki, nomor ponsel yang dan lainnya
  • Jika sudah lanjutkan membaca syarat dan ketentuannya, lalu centang kotak yang tersedia jika kamu menyetujuinya.
  • Kemudian klik tombol lanjut untuk mengunggah swafoto kamu sambil memegang KTP.
  • Selesai, dengan begitu kamu sudah memiliki akun dan bisa mengakses aplikasi ini untuk mendapatkan informasi seputar rumah bersubsidi.

Demikian ulasan mengenai cara mencari rumah murah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.