Sering Lakukan Backup Data, Bisa Mengurangi Resiko Kehilangan Data

KNGInfo.com – Kehilangan data-data penting tentu merupakan sebuah kerugian yang besar. Terutama jika memang data-data tersebut merupakan data-data yang setiap hari kita butuhkan. Oleh sebab itu, salah satu cara mengurangi resiko dari kehilangan data tersebut dengan sering melakukan backup. Namun sebelum membahas perihal backup data, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu perihal pengertian dari backup data tersebut.

Pengertian Backup

Backup sendiri merupakan sebuah proses mengcopy data-data dari satu perangkat ke media perangkat lain. Dimana proses backup tersebut bisa dilakukan secara offline ataupun online. Guna mengamankan data-data dengan cara menyalin data-data tersebut ke perangkat lain. Agar ketika salah satu tempat penyimpanan data tersebut mengalami kerusakan, kita masih memiliki salinan data-data tersebut.

Oleh sebab itu, jangan pernah menyepelekan hal seperti membackup data-data. Baik data-data yang ada didalam komputer atau bahkan data yang ada didalam smartphone yang kita miliki. Perihal data didalam smartphone, nampaknya backup merupakan hal yang terlupakan. Padahal suatu saat, bisa saja data-data yang ada dismartphone yang kita miliki hilang atau bahkan datanya rusak.

Berdasarkan hasil studi tentang kebiasaan pengelolaan data seluler masyarakat indonesia. Yang dilakukan oleh perusahaan teknologi Western Digital Corp, yang melibatkan lebih dari 1.000 koresponden. Bahwa kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi oleh pengguna smartphone. Untuk itu, membackup data merupakan sebuah hal yang harus dilakukan jika kita tidak ingin kehilangan data didalam smartphone yang kita miliki.

Perihal Kehilangan Data Dan Cara Ampuh Menanganinya

Kehilangan data, terlebih data-data tersebut merupakan data yang penting tentu sangat menjengkelkan. Hal tersebut pernah saya alami ketika data dalam smartphone yang saya miliki tiba-tiba hilang. Padahal data-data tersebut terbilang cukup penting, baik data yang berupa foto, video ataupun data dalam bentuk lainnya. Hal demikian terjadi, karena kecerobohan saya yang tidak membackup data-data tersebut kedalam media atau perangkat lainnya.

Belajar dari pengalaman tersebut, tentu saya tidak ingin kembali kehilangan data-data penting yang saya simpan didalam smartphone yang saya miliki. Dan salah satu solusi yang paling mudah dalam menghadapi persoalan kehilangan data ialah dengan cara Backup Data menggunakan USB OTG Sandisk.

Gambar USB OTG (On The Go) Sandisk By Arinamabruroh

Apa itu USB OTG Sandisk ?

USB OTG (On The Go) Sandisk merupakan salah satu produk yang diluncurkan oleh perusahaan Western Digital Corp. Maksudnya jelas agar kita selaku pengguna smartphone tidak lagi merasa khawatir kehilangan data-data penting yang ada didalam smartphone. Dengan menggunakan USB OTG (On The Go) Sandisk ini, nantinya kita hanya perlu memasukkan USB kedalam smartphone.

Baik ketika kita sedang akan membackup data-data yang ada didalam smartphone ataupun untuk memindahkan data-data tersebut. Pada intinya, dengan menggunakan USB OTG (On The Go) Sandisk ini, pekerjaan kita untuk backup membackup data akan sangat mudah sekali. Untuk itu, sebelum kita menyesal kehilangan data-data yang terbilang penting. Daripada #DibuangSayang lebih baik dibiasakan membackup data-data penting menggunakan USB OTG Sandisk.

Dengan kemudahan yang akan didapatkan ketika kita menggunakan USB OTG Sandisk untuk membackup data. Tentu sebagian dari kita berpikiran jika untuk mendapatkannya pasti merogoh kocek yang cukup dalam. Tapi nyatanya ? Berbekal uang Rp. 80.000,- kita sudah bisa mendapatkan produk USB OTG Sandisk Android dengan kapasitas up to 32Gb.

Rasanya USB OTG Sandisk dengan kapasitas 32Gb sudah cukup untuk sekedar memindahkan atau membackup data-data yang ada didalam smartphone. USB OTG (On The Go) Sandisk ini bisa kita dapatkan dengan membelinya langsung di Official Store Sandisk #SanDiskAPAC.

Foto : aldhifajar