SIM Gratis Untuk Warga Miskin, Ini Cara Pembuatannya | Pinjaman online kuningan info

SIM Gratis Untuk Warga Miskin, Ini Cara Pembuatannya

KNGInfo.com – Ada kabar baik bagi masyarakat yang belum dan ingin memiliki SIM atau Surat Izin Mengemudi, karena pemerintah telah membuka pembuatan dan perpanjangan SIM gratis. Namun, yang bisa mendapatkannya hanyalah masyarakat dengan kategori tertentu yakni warga miskin, mahasiswa dan pelajar hingga pelaku UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Berikut ulasan lebih lanjut mengenai cara pembuatannya.

Kebijakan Pemerintah

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 mengenai Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian RI. Dan ada beberapa jenis PNBP, seperti pengujian penerbitan surat keterangan uji ketrampilan pengemudi, pengujian untuk penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru, penerbitan perpanjangan Surat Izin Mengemudi, penerbitan STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan, penerbitan surat tanda coba kendaraan bermotor, penerbitan tanda coba nomor kendaraan bermotor, penerbitan tanda nomor kendaraan bermotor, penerbitan BPKB, penerbitan sirat mutasi kendaraan bermotor ke luar daerah hingga penerbitan SKCK.

Dan untuk biaya SIM gratis sudah tertuang dalam pasal 7 belaid tersebut yang mana juga dijelaskan bahwa tarif atas jenis PNBP yang telah diatur dalam Pasal 1 ditetapkan sampai Rp. 0 atau 0 persen. Dan penjelasan lebih lanjut untuk pasal 7 dengan maksud dari “pertimbangan tertenti” adalah penyelenggaraan kegiatan sosial, keagamaan hingga kegiatan kenegaraan.

Dan dengan pertimbangan dari keadaan bagi masyarakat yang tidak mampu  mahasiswa  dan pelajar, hingga pelaku UMKM, layanan tambahan yang juga mendapatkan prioritas gratis adalah penerbitan SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Biaya Pembuatan SIM

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 mengenai Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), biaya pembicaraan SIM baru telah ada penjelasannya, yakni sebagai berikut:

BACA JUGA  Cara Pengisian eHAC pada Aplikasi

1. Untuk pembuatan SIM A akan membayar sebesar Rp. 120.000.

2. Untuk pembuatan SIM B1 akan membayar sebesar Rp. 120.000.

3. Untuk pembuatan SIM B2 akan membayar sebesar Rp. 120.000.

4. Untuk pembuatan SIM C akan membayar sebesar Rp. 100.000.

5. Untuk pembuatan SIM C1 akan membayar biaya sebesar Rp. 100.000.

6. Untuk pembuatan SIM C2 akan dikenakan biaya sebesar Rp. 100.000.

7. Untuk pembuatan SIM D akan dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000.

8. Untuk pembuatan SIM D1 akan dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000.

9. Untuk pembuatan SIM Internasional akan dikenakan biaya sebesar Rp. 250.000.

Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi sebesar Rp.30.000, biaya pemeriksaan kesehatan sebesar Rp 25.000 dan khusus untuk SIM B1, B2 dan SIM umum akan ada biaya SKUKP atau Surat Keterangan Uji Klinik Pengemudi sebesar Rp. 50.000.

Tata Cara Pembuatan SIM Gratis

Berikut tata cara dalam pembuatan SIM Gratis :

  • Datangi Satpas atau Satuan Penyelenggara Administrasi SIM pada Polres terdekat.
  • Bawa berkas – berkas yang kamu butuhkan seperti fotokopi KTP dan aslinya, untuk warga asing bisa membawa surat keterangan penduduk.
  • Pastikan untuk memakai baju yang rapi.
  • Isi formulir permohonan untuk pembuatan SIM. Jika sudah, antarkan ke petugas loket serta lampirkan berkas yang telah kamu bawa sebelumnya.
  • Kamu akan dipanggil oleh petugas loket untuk melakukan pembayaran uang administrasi.
  • Setelahnya kamu harus mengikuti sejumlah tes seperti tes psikologi, teori dan praktik berkendara.
  • Jika lulus pada ketiga tes tersebut kamu akan melanjutkan proses identifikasi dengan melakukan pemotretan foto untuk kartu SIM, tanda tangan dan juga sidik jari.
  • Kamu akan kembali mendapat panggilan saat SIM sudah selesai cetak.
BACA JUGA  Memperingati Hari Guru Nasional 2020

Demikian ulasan mengenai cara pembuatan SIM gratis yang patut kita ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kita semua.