Situ Wulukut, Ranukumbolonya Kota Kuningan Jawa Barat

KNGInfo.com – Situ atau danau mungkin dikuningan tidak terlalu banyak. Salah satunya yang sering diperbincangkan adalah situ wulukut. Situ wulukut sendiri memang agak terpecil dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, akan tetapi soal pemandangan situ ini memiliki daya tarik tersendiri. Situ wulukut sendiri berlokasi di desa kertayuga kecamatan nusaherang kabupaten kuningan.

Situ wulukut sendiri memang menyajikan pemandangan yang cukup menarik, dengan danau yang dikelilingi pepohonan rindang. Meskipun areanya tidak terlalu luas, akan tetapi sangat cocok dikunjungi bagi anda yang memang ingin refreshing.

Saat ini untuk menuju situ wulukut sangat susah apabila menggunakan kendaraan roda empat atau mobil. Karena memang jalan menuju kesini masih kurang baik dan juga sangat kecil tidak terlalu lebar. Jadi bagi anda yang ingin berkunjung kesini lebih baik menggunakan motor saja. Itupun harus tetap berhati-hati, karena jalannya masih kurang bagus karena terakhir saya berkunjung kesini masih belum diperbaiki.

Ketika berkunjung kesini, anda tidak perlu khawatir tidak ada yang berjualan. Karena ditepi danau sebelah barat ada sebuah warung yang menjual aneka makanan ringan.

Banyak orang kuningan menyebut situ wulukut ini sebagai ranu kumbolonya kota kuningan jawa barat. Ranu kumbolo sendiri merupakan danau ditengah hutan menuju gunung bromo tengger di jawa timur. Mungkin karena kemiripan bentuk dan keindahan alamnya, sehingga banyak warga kuningan yang menyebutnya demikian.

Untuk harga tiket masuk menuju situ wulukut sendiri berkisar antara Rp. 5.000,- sampai dengan Rp. 10.000-. Harga tersebut kadang bisa berubah sewaktu-waktu tanpa sepengetahuan terlebih dahulu.

Untuk menuju kesini, bagi anda yang datang dari arah kota kuningan bisa terus menyusuri jalanan utama sampai ke terminal kadugede. Sesampainya di terminal kadugede, anda lanjut lagi ke desa nusaherang, sebelum desa nusaherang terdapat pertigaan jalanan nanjak, nah dari situ anda terus menyusuri jalanan tersebut. Tenang saja karena memang dipinggir jalan sudah banyak papan petunjuk untuk menuju situ wulukut.

Alamat :

Desa Kertayuga

Kecamatan Nusaherang

Kabupaten Kuningan, Jawa Barat