SMAN 3 Kuningan Rajai Rektor Unisa Cup I | KNGINFO.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

SMAN 3 Kuningan Rajai Rektor Unisa Cup I

KNGInfo.com –¬†Kendati yang diterjunkan masih para pemula yang baru hitungan bulan mengikuti kegiatan latihan fisik, mental dan juga teknik bertanding. Akan tetapi kontingen SMAN 3 Kuningan mampu merajai kejuaraan pencak silat antar pelajar Rektor Unisa Cup I Tahun 2018. Yang berlangsung di Gelanggang Pemuda Kuningan ( GPK ) atau Gedung KNPI Kuningan.

Pasalnya pada kejuaraan bergengsi tersebut, kontingen binaan klub olahraga prestasi PBSS Kuningan tersebut mampu menyabet medali emas terbanyak. Jika dibandingkan dengan sekolah lainnya, sehingga dinobatkan sebagai juara umum pertama sekaligus menggondol piala bergilir Rektor Unisa Cup I.

Ketua Klub Olahraga Prestasi Paguyuban Barudak Silat Sekolah ( PBSS ) Kuningan, Iyan Irwandi S.IP., mengatakan pada kejuaraan pencak silat antar pelajar Rektor Unisa Cup I yang diikuti berbagai sekolah dari berbagai pelosok. Ia sengaja menerjunkan sebagian besar atlet-atlet pemula yang masih berstatus kelas 1 dan beberapa orang kelas 2 tetapi hasilnya justru diluar dugaan.

Atlet-atlet pemula yang diujicobakan tersebut ternyata bermain gemilang, sehingga menumbangkan pesilat-pesilat pelajar dari sekolah lainnya. Bahkan tidak sedikit, atlet-atlet SMAN 3 Kuningan bertemu di semifinal dan di babak final dengan binaan-binaan sekolah PBSS Kuningan dari sekolah lainnya.

Sehingga tidak heran, karena ritme pertandingan dikuasai oleh pesilat-pesilat PBSS Kuningan yang tersebar di sejumlah sekolah. Maka juara umum pertamanya diraih SMAN 3 Kuningan plus pesilat terbaik putra atas nama M Alfi. Disusul juara umum keduanya, SMAN 1 Jalaksana dan juara umum ketiganya SMAN 1 Luragung serta pesilat terbaik putrinya Nurul Aini dari SMAN 1 Cibingbin.

Begitupula ditingkat SMP Juara umum kedua digondol SMPN 1 Luragung plus pesilat terbaik putri Khaerunisa yang berada dibawah asuhan Arisman selaku pelatih. Dan juara umum ketiga oleh SMPN 1 Jalaksana yang dilatih Jajang Sujana sebagai pelatihnya. Sedangkan juara umum pertamanya diraih oleh kontingen SMPN 7 Kuningan. Yang atlet-atlet peraih medali emasnya binaan gabungan beberapa perguruan silat plus pesilat terbaik putranya, Banu.

” Alhamdulillah, berkat kerja keras para pelatih yang mengedepankan pengabdian dan kecintaan dalam pembinaan sekaligus pembentukan generasi muda berkarakter. Serta berprestasi, akhirnya sekolah-sekolah binaan PBSS Kuningan mampu menjadi juara umum di event kejuaraan pelajar yang diikuti oleh ratusan peserta,” tandasnya, kemarin.

Ketua Angkatan II Bima Suci SMANTIKA, Arya Permana Graha, mengaku bangga dengan prestasi gemilang yang diraih junior-juniornya. Namun ia tetap menyarankan supaya tidak terbuai tetapi harus menjadi pemicu untuk kembali meningkatkan porsi latihan dan pematangan teknik. Karena kedepan akan dihadapkan dengan even-even kejuaraan bergengsi lainnya baik tingkat provinsi maupun ditingkat nasional.